Mengenal Newhun Recycle, Olah Sampah Plastik jadi Barang Bernilai Tinggi

JABAR EKSPRES, BANDUNG – Sampah plastik selalu jadi ancaman bagi lingkungan. Apalagi di Bandung Raya yang kini tengah sibuk mencari solusi atas darurat sampah karena TPA Sarimukti kebakaran.

Namun, di tangan Vikri dan teamnya, sampah – sampah plastik berhasil disulap jadi barang keren bernilai ekonomis tinggi. Dari jam tangan hingga medali.

Vikri bersama teamnya di Newhun Recycle berhasil menciptakan produk – produk keren, seperti jam tangan, jam dinding, medali, jam meja, meja kursi, papan, ataupun tatakan gelas. Barang yang diproduksi di markas Loka Karya Jalan Sangkuriang, Cimahi Tengah, Kota Cimahi itu juga tampil elegan yang lebih menariknya lagi adalah produk – produk itu diolah dari sampah plastik.

BACA JUGA : Kopi Pajabat Kreasi Pemuda Ciamis, Hadirkan Kafe Keliling di Atas Motor Lawas

Vikri menceritakan, ia bersama teman -temanya mulai menggeluti usaha pengolahan sampah plastik itu sejak 2020. Motivasinya karena kegundahan hati.

“Gemas melihat sampah plastik dibuang sembarangan, dibuang ke sungai,” katanya.

Vikripun tergerak dan memutar otak agar sampah – sampah itu bisa berkurang dan bisa dimanfaatkan.

“2020 itu mulai coba – coba,” tuturnya.

Kemudian tercetuslah ide untuk mendaur ulang sampah plastik itu menjadi aneka barang bernilai jual. Caranya, sampah – sampah plastik yang terkumpul itu dibersihkan. Seperti sampah botol minum, tutup botol, plastik sampo, galon, dan sebagainya.

Lalu, sampah plastik itu dicacah menggunakan mesin dan dilebur. Leburan aneka plastik itu kemudian dicetak ulang ke aneka bentuk yang diinginkan. Seperti jam dinding hingga tatakan gelas. Permainan jenis plastik dipilah untuk menghasilkan kombinasi warna yang cantik.

“Biasanya kami juga membuat produk berdasarkan permintaan atau custom,” sambung Vikri.

BACA JUGA : Peringati HUT ke-78 RI, Cerita Hanifa Siswi Sukabumi yang Jadi Pembawa Baki Paskibraka Jabar 2023

Kini Vikri dan rekan rekanya bisa menikmati hasil kegundahan mengolah sampah itu. Barang – barang daur ulang yang dihasilkan ternyata cukup diminati. Aneka produk itu dijual dari harga Rp 35 – 799 ribu.

Bahkan, ia sempat menerima pesanan dari sejumlah perusahaan. Yakni membuat produk custom untuk sovenir perusahaan – perusahaan itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan