Jonatan Christie Menangi “Perang Saudara” dan Berhasil Melaju ke Babak Final China Open 2023

JABAR EKSPRES – Pebulutangkis tunggal putra Jonatan Christie melaju ke babak semifinal China Open 2023 setelah memenangi laga “perang saudara” melawan Shesar Hiren Rhustavito di babak perempat final, Jumat (8/9).

Dalam pertandingan yang digelar di Olympic Sports Center Olympic Sports Center Changzhou tersebut, Jonatan unggul langsung dalam dua gim dengan skor 21-12, 21-17 atas Shesar.

“Puji Tuhan dapat kesempatan lagi untuk ikut semifinal,” kata Jonatan melalui keterangan resmi PP PBSI di Jakarta.

Mengenai pertandingan tadi, Jonatan mengatakan bahwa sebenarnya pada awal pertandingan, ia berada dalam posisi yang kurang menguntungkan di lapangan.

BACA JUGA : Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Brazil Menang dengan Skor 5-1 Taklukan Bolivia

Namun setelah mencoba menganalisa situasi di lapangan, Jonatan menyadari bahwa situasi Shesar juga tidak kalah tidak menguntungkan. Dari analisanya itu, ia pun mencoba mencari celah untuk menyerang dan menekan Shesar.

“Sebenarnya di pertandingan pertama, posisi saya sudah tidak enak tapi entah kenapa Mas Vitonya lebih enak lagi,” ujar Jonatan.

Di game kedua, prediksinya tentang perasaan Shesar ternyata benar. Saat berpindah posisi di lapangan, ia juga merasa sisi lapangan yang ia pijak tidak memberikan keuntungan secara teknis.

“Di pertandingan kedua, saya juga merasakan hal yang sama. Beruntung di poin-poin akhir, saya bisa mengontrol keadaan dengan tidak terlalu banyak menggunakan tenaga, meskipun kondisi lapangan lebih nyaman jika bermain dengan tenaga,” tambah Jonatan.

BACA JUGA : Pembalap WSBK Jonathan Rea Ungkap Alasan Hengkang dari Kawasaki dan Bergabung ke Yamaha 

Jonatan mengatakan bahwa penampilannya tetap cukup baik hingga babak 16 besar turnamen BWF Super 1000 ini. Setelah kalah di kejuaraan dunia di Denmark, Jonatan memutuskan untuk segera kembali ke tanah air dan tetap berlatih secara profesional di Pelatnas Cipayung.

“Sehari setelah kalah di Kejuaraan Dunia, saya memutuskan untuk pulang dan saya rasa hal itu mempengaruhi penampilan saya di sini. Dengan pulang kampung, saya bisa berlatih lebih lama, lebih fokus, dan lebih cepat menghilangkan jet lag,” jelasnya.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi babak semifinal, ia mengatakan akan fokus untuk beristirahat dan berdiskusi dengan pelatih untuk mencari strategi terbaik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan