Usianya Lebih dari 15 Tahun, Kini Atap Mesjid Agung Cimahi Direnovasi! Rampung Oktober 2023

JABAR EKSPRES – Renovasi atap Mesjid Agung Cimahi sedang dilakukan. Sejumlah pekerja bangunan tengah mengganti rangka atap mesjid agung dibantu dengan kendaraan crane yang diparkir di bagian gerbang mesjid.
Sementara proses peribadatan dipindahkan ke gedung sebelahnya.

Proses renovasi yang menelan anggaran sekitar Rp5 miliar ini ditargetkan rampung pada Oktober 2023.

BACA JUGA: Harga Beras Meroket, Warga KBB Kesal: Mau Gak Mau Harus Beli

“Kegiatan peribadatan untuk sementara dilaksanakan di gedung sebelahnya,” kata Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi, Endang saat dikonfirmasi, Jumat (8/9).

Mesjid Agung Cimahi ini baru pertama kali dilakukan rehab bagian atapnya. Kondisi sebelumnya, sudah banyak yang bocor ketika turun hujan.

“Di rehab hanya bagian atasnya karena sudah banyak yang bocor. Dibarukan. Tidak ada penambahan pelebaran. Kemudian untuk fasilitas lainnya belum ada rencana perehaban karena masih layak,” ucap dia.

Menurut dia, anggaran yang digelontorkan untuk rehab bagian atapnya ini dari APBD Kota Cimahi. Usia atap Mesjid Agung Cimahi ini sudah lebih dari 15 tahun.

“Kondisi mendesak untuk diperbarui itu bagian atapnya. Kekuatan konstruksi atap space frame yang sudah berusia lebih dari 10 sampai 15 tahun, sehingga dirasa perlu ada penggantian konstruksi struktur atap menjadi stuktur baja,” ujarnya.

Dalam renovasi ini juga, tidak ada desain perubahan bentuk atapnya. “Rencana desain tidak terjadi perubahan bentuk atap hanya merubah struktur menjadi baja dan penutup atap. Untuk proses pekerjaanya dimulai bulan Agustus ini,” kata Endang menambahkan. (MG6)

Tinggalkan Balasan