TPS Gedebage Ingin Dijadikan Layaknya TPA Sarimukti

JABAR EKSPRES – Akibat pembatasan pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus mencari cara dalam mengentaskan sampah yang terus membludak.

Setelah membuat kuburan sampah di Tegalega dan Cibiru, kini Pemkot Bandung berencana membuat TPS lainnya di Gedebage. Pemkot Bandung mengklaim, mereka memiliki tanah seluas 25 hektare di sana.

Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengungkapkan, pembuatan TPS di Gedebage akan menggunakan lahan perencanaan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

BACA JUGA: Kawasan GBLA Jadi TPS Sementara Lainnya Kota Bandung

“Kita ada lahan di sini 25 hektar milik Pemkot. Ini akan jadi lokasi tempat penampungan sementara,” ungkap Ema Sumarna, Plh Wali Kota Bandung saat meninjau lokasi tersebut, 6 September 2023.

TPS sementara itu akan berada di sekitar kawasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung. Tepatnya, di Jalan Pendamping Tol (Arah Babakan Sayang) Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage. Nantinya, Pemkot Bandung akan menggunakan 2 hektare lahannya untuk TPS sementara tersebut.

Ema Sumarna mengungkapkan, hingga kini Kota Bandung masih kesulitan mencari tempat pembuangan sampah akibat TPA Sarimukti belum juga beroperasi. Hal ini membuat sampah di Kota Bandung kian menggunung.

BACA JUGA: 100 Persen TPS di Kota Bandung Overload, Pemkot Ambil Langkah Sporadis

“Darurat sampah masih berlaku, dan kita bicara ideal TPA Sarimuki itu tidak seperti apa yang kita bayangkan. Hingga kemarin (Selasa 5 September 2023) asap masih pekat (di TPA Sarimukti). Pembakaran itu masih ada, karena kedalaman sampah 50 meter,” ucapnya, dilansir dari Pemkot Bandung.

Lanjutnya, pembuangan sampah ke TPS sementara itu bukan seperti di Tegalega, hanya dikubur saja. Dia menginginkan pembuangan sampah itu berlangsung seperti biasa, layaknya TPA Sarimukti.

“Lahan yang digunakan ini 2 hektar. Rencana 1 sampai 2 hari pengerjaan lahan ini akan selesai, jadi setelah itu sampah bisa dibuang ke sini,” ujarnya. (*)

BACA JUGA: 2 TPA Darurat Disiapkan Pemkot Bandung Imbas Kebakaran TPA Sarimukti

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan