Batu Dua Sumedang: Wisata yang Lagi Hype, Cocok Buat Pecinta Alam

JABAR EKSPRES – Batu Dua merupakan salah satu lereng bukit di kawasan Gunung Lingga Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Batu Dua menjadi andalan Kabupaten Sumedang sebagai kawasan olahraga paralayang. Dengan ketinggian 930 meter di atas permukaan laut, membuat kawasan ini menyajikan pemandangan alam yang luar biasa.

Kombinasi antara pegunungan dan daratan luas nan rata membuat kawasan ini begitu mempesona. Terlebih, kini telah ada Bendungan Jatigede yang makin menambah kemolekan alamnya.

Batu Dua Sumedang ini layak dinobatkan sebagai lokasi event dunia paralayang karena ada beberapa titik thermal (uap panas bumi). Titik thermal ini dapat mempengaruhi paralayang untuk terbang lebih lama.

Batu Dua Sumedang ini pernah menjadi tuan rumah salah satu event bergengsi di Indonesia, yakni “Indonesian Pre World Cup 2013 Batu Dua Open” tanggal 29 September sampai 4 Oktober 2013 lalu.

BACA JUGA: Keindahan Alam Sumedang Hipnotis Para Atlet Paralayang

Harga Tiket dan Jam Operasional Batu Dua Sumedang

Harga tiket lokasi wisata satu ini adalah Rp30 ribu. Tidak ada beda, baik weekdays maupun weekend.

Untuk jam operasional, Batu Dua Sumedang buka dari pukul 07.00 hingga 18.00. Selama jam itu juga, pelancong dapat merasakan naik paralayang yang ditemani oleh pilot profesional.

Akses Menuju Batu Dua Sumedang

Kelebihan dari lokasi wisata satu ini adalah kendaraan roda dua maupun roda empat bisa masuk. Jadi, pelancong tidak perlu capek berjalan kaki untuk mencapai lokasinya.

Akses menuju ke Batu Dua ini sangat mudah karena hanya berjarak 4 KM dari Jalan Raya Sumedang-Wado. Sementara, jarak lokasi ke Kota Sumedang kurang lebih 25 KM.

Pelancong dapat masuk dari pertigaan Corenda, Desa Linggajaya dan susuri jalan tersebut. Namun, saat di blok Panurasam harap berhati-hati karena jalan di sana menanjak dan berkelok. (*)

BACA JUGA: Langit Sumedang Diwarnai Ratusan Paralayang

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan