Masyarakat Desak Pembentukan Kabupaten Bandung Timur, Jangan Hanya Hangat Karena Tahun Politik

KABUPATEN BANDUNG, JABAR EKSPRES – Realisasi Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bandung Timur (KBT) sangat dinantikan masyarakat sejak dulu sampai sekarang. Salah seorang Tokoh Masyarakat di Kabupaten Bandung wilayah Timur, yakni di Kecamatan Cicalengka, Agus Rama mengatakan, DOB KBT selalu menjadi sorotan tak kunjung usai.

“Kalau diperhatikan isu DOB KBT ini selalu ramai di saat-saat mendekati pesta politik, menjelang Pemilu seperti sekarang,” kata Agus kepada Jabar Ekspres pada Selasa, 5 September 2023.

Menurutnya, isu pemekaran wilayah tersebut sejak awal mencuat hingga saat ini, ramai pembahasannya selalu musiman, dari tahun ke tahun bahkan sampai digantinya pemimpin. Sejak zaman Bupati Bandung Dadang Naser, lalu sekarang oleh Dadang Supriatna, isu DOB Kabupaten Bandung Timur dinilai masih belum benar-benar jadi prioritas.

“Dari dulu sudah ada pertemuan-pertemuan, pembahasan-pembahasan bersama pihak-pihak terkait,” ujarnya.

BACA JUGA: Isu Daerah Otonomi Baru Kabupaten Bandung Timur Mencuat Lagi

Kendati demikian, Agus menyampaikan bahwa realisasi DOB Kabupaten Bandung Timur terkesan selalu sulit diresmikan, bahkan kendala-kendala baik teknis maupun administratif seakan tak pernah terselesaikan.

Melalui informasi yang berhasil dihimpun Jabar Ekspres, nantinya akan ada 15 kecamatan dengan total 147 desa, yang direncanakan bakal dimekarkan dari Kabupaten Bandung dan membentuk DOB kabupaten Bandung Timur (KBT).

Adapun 15 Kecamatan itu di antaranya yakni Kecamatan Nagreg, Cicalengka, Cikancung, Cicalengka, Rancaekek, Cileunyi, Majalaya, Solokanjeruk, Bojongsoang, Baleendah, Ibun, Paseh, Pacet, Cimenyan, Kertasari dan Ciparay.

Apabila melihat sejarah, pada 1 April 1906, Pemerintah Hindia Belanda menetapkan kelahiran Kota Bandung yang diberi status sebagai Gemeente atau Kotapraja. Hampir seratus tahun kemudian, tepatnya pada 21 Juni 2001 lalu, Kota Cimahi pun resmi berdiri sendiri.

BACA JUGA: Andai Terealisasi, 15 Kecamatan Ini Bakal Masuk Kabupaten Bandung Timur

Lalu, wacana pembentukan Bandung Timur bukanlah mencuat, sehingga DOB tersebut sudah ramai dibicarakan sejak 2005 lalu. Namun pada saat itu prioritas Pemerintah Kabupaten Bandung di Soreang, lebih mendahulukan pendirian Kabupaten Bandung Barat yang akhirnya secara resmi terealisasi pada 2007 lalu.

Tak sampai di situ, tepatnya pada 2009 lalu, jajaran DPRD Kabupaten Bandung pun mengeluarkan Surat Rekomendasi Nomor 12 tahun 2009, tentang Kajian Pembentukan Kabupaten Bandung Timur yang menekan Pemkab Bandung untuk segera mempersiapkan pembentukan KBT.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan