DPKP Bakal Pasang 1500 Sambungan Air Bersih Untuk Warga Kota Cimahi

JABAR EKSPRES – Sambungan air bersih di Kota Cimahi semakin banyak mencakup warganya. Tahun ini, ada 1.500 rumah warga di wilayah Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah dan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan yang bakal mendapat sambungan tersebut.

“Tahun ini rencananya kita pasang 1.500 sambungan rumah (SR) untuk wilayah Cigugur Tengah di RW 09 dan 18 serta di Cibeureum RW 15, 16, 26, dan 27,” ucap Endang, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, dilansir dari Pemkot Cimahi.

Endang mengungkapkan, Rp6,4 miliar dari APBD Kota Cimahi tahun 2023 akan dialokasikan untuk pemasangan sambungan air bersih baru. Saat ini, tengah berlangsung proses lelang.

BACA JUGA: Masuki Musim Kemarau, Kota Cimahi Siaga Darurat Kekeringan

Nantinya, pelayanan air bersih untuk sambungan baru ini akan disalurkan menggunakan Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) yang dikelola oleh Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD).

Lanjutnya, kapasitas produksi akan dilakukan penambahan tahun ini. Semula, SPAM ini hanya mengelola 50 liter per detik setiap harinya untuk 4.550 sambungan rumah di wilayah Cigugur Tengah dan Karangmekar. Kini, bakal bertambah menjadi 80 liter per detik.

“Kita sudah mulai untuk tambahan produksinya. Jadi nanti air baku yang diproduksi jadi 80 liter per detik karena ada tambahan 30 liter per detik,” jelasnya.

Walaupun terjadi penambahan kapasitas, Endang memastikan ketersediaan sumber air baku di Sungai Cimahi masih aman.

Selain itu, ketersediaan air bersih di SPAM yang berada di kawasan perkantoran Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi masih dapat menyuplai warga yang mengalami kesulitan air bersih selama musim kemarau. (*)

BACA JUGA: Pasokan Air Bersih di Kota Cimahi Selama Musim Kemarau Diklaim Aman

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan