Bukan Hanya Pelepas Dahaga, Ternyata Air Putih juga Ampuh Atasi ISPA karena Dampak Polusi Udara

JABAR EKSRPES – Ketika kualitas udara menjadi sangat buruk seperti sekarang ini, penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat adalah Infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA. Namun ada kabar gembira karena ternyata ISPA bisa diatasi hanya dengan menggunakan air putih.

Untuk kamu yang sedang mengalami atau menderita ISPA, kamu bisa menyimak cara atasi infeksi tersebut dengan memanfaatkan air putih.

Jika selama ini air putih hanya dikenal sebagai pelepas dahaga untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh agar tidak sampai kekurangan cairan, ternyata air putih memiliki segudang manfaat lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya bisa atasi penyakit seperti ISPA.

ISPA sendiri merupakan penyakit yang kini menduduki peringkat tinggi dari jumlah penderitanya, terutama sejak beberapa kota besar dikepung oleh polusi udara.

Dilansir dari laman Alodokter, ISPA merupakan infeksi yang terjadi di saluran pernapasan, baik saluran pernapasan atas maupun bawah.

Baca juga : ISPA di Depok Bukan Hanya Akibat Polusi Udara

Infeksi ini dapat menimbulkan gejala batuk, pilek, dan demam. ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak dan lansia. ISPA menimbulkan peradangan di saluran pernapasan, mulai dari hidung hingga paru-paru.

Cara atasi ISPA dengan Air putih

Sebagai cairan yang bisa menghidrasi, air putih ternyata cukup efektif untuk meredakan infeksi di pernafasan, terutama bagi penderita ISPA. Ini karena air putih yang cukup dikonsumsi bisa membersihkan tenggorokan dari polutan yang bisa menyebabkan timbulnya gejala lain dari ISPA.

Polutan ini nantinya akan tertelan dan bisa keluar melalui cairan dari dalam tubuh, hal ini akan lebih aman dari pada polutan terhirup masuk ke saluran pernafasan, yang bisa berakibat menjadi infeksi.

Selain dengan cara dikonsumsi secara langsung, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan ISPA dengan menggunakan air putih. Yakni air putih digunakan untuk mencuci hidung.

Mencuci hidung bisa dilakukan menggunakan air putih, caranya bisa seperti waat wudhu, yakni dengan menghirupnya lalu menghempaskannya keluar bersama kotoran atau polutan yang ada didalam hidung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan