Memiliki Cucu Memberikan Dampak yang Baik Bagi Kesehatan Mental, Ungkap Penelitian Terbaru

JABAR EKSPRES – Penelitian baru menunjukkan bahwa menjadi kakek-nenek, selain sebagai pengingat akan bertambahnya usia seseorang, juga dapat memberikan manfaat kesehatan mental yang signifikan, di samping meningkatkan aktivitas fisik.

Analisis ekstensif yang melibatkan 14.810 orang berusia antara 50 dan 80 tahun, dengan sepertiga di antaranya telah menjadi kakek dan nenek, telah mengungkap wawasan menarik tentang dampak menjadi kakek dan nenek terhadap kesehatan secara keseluruhan.

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Reyn van Ewijk dari Universitas Johannes Gutenberg di Jerman ini menggarisbawahi berbagai manfaat dari pengasuhan kakek-nenek.

Menurut Profesor van Ewijk, “Memiliki cucu dapat memberikan tujuan hidup baru, jaringan sosial yang lebih luas, dan rasa makna yang lebih tinggi,” dikutip oleh JabarEkspres.com dari Daily Mail.

BACA JUGA: Kesehatan Mental Bagi Ibu Pasca Melahirkan, Ini Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan dalam tugas menjadi kakek-nenek memainkan peran penting dalam menentukan dampaknya terhadap kesehatan fisik dan mental.

Ditemukan bahwa wanita yang merawat cucu mereka setiap hari melaporkan tingkat kesejahteraan yang lebih rendah, mungkin karena sifat tanggung jawab yang memberatkan.

Yang menarik, nenek yang menjaga komunikasi secara teratur dengan anak-anak mereka, baik secara langsung maupun melalui telepon, melakukan tes memori sebelum dan sesudah menjadi kakek-nenek.

Mereka juga mengisi kuesioner yang menilai gejala depresi.

BACA JUGA: Kesehatan Mental Dari Cara Pandang Islami dan Penyembuhannya

Secara rata-rata, setelah kehadiran cucu, para wanita menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tes mengingat kata dan sekitar tiga persen lebih kecil kemungkinannya untuk menunjukkan tanda-tanda depresi.

Sebaliknya, tidak ada perubahan signifikan yang diamati pada pria yang menjadi kakek.

Selain itu, individu yang tetap terhubung erat dengan anak-anak mereka melaporkan peningkatan kemampuan dalam melakukan kegiatan sehari-hari yang penting untuk hidup mandiri, seperti memasak, membersihkan rumah, dan berpakaian sendiri.

Setelah menjadi kakek dan nenek, baik pria maupun wanita mengalami penurunan satu hingga dua persen dalam hal kesulitan melakukan tugas-tugas tersebut.

BACA JUGA: Jangan Dibiasakan! Ternyata Begadang Bisa Mengganggu Kesehatan Mental!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan