FKG Unjani dan PDGI KBB Gelar Penyuluhan Kesehatan Gigi di Desa Jayamekar Padalarang

JABAR EKSPRES –Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Achmad Yani (FKG Unjani) menggelar kegiatan bakti social dan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan dan pemeriksaan gigi mulut gratis.

Kegiatan dilakukan serentak di dua tempat yaitu Kantor Desa Jayamekar dan Mesjid As Saadah Jayamekar Padalarang Bandung Barat, Kamis (31/8).

Bakti sosial dan pengabdian masyarakat dilakukan sebagai upaya dari FKG Unjani dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia Kabupaten Bandung Barat (PDGI KBB) dalam membantu program pemerintah menjalankan misi pemerataan pelayanan kesehatan gigi.

Hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 300 peserta yang terdiri dari anak-anak PAUD dan ibu hamil, kader pos yandu serta masyarakat.

Sementara pelaksana kegiatan adalah 10 dosen kedokteran Gigi Unjani, 15 dokter gigi anggota PDGI KBB, serta dokter gigi muda dan mahasiswa kedokteran Gigi Unjani.

Kegiatan diawali dengan penyuluhan dan dilanjutkan dengan pemeriksaan Kesehatan gigi mulut gratis. Materi penyuluhan mengenai Cara Mencuci Tangan Baik dan Benar.

Kemudian Materi Mencegah Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Berjejal pada Anak. Lalu Materi Cara Menyikat Gigi Baik dan Benar serta Materi Menjaga Kesehatan Gigi Anak dan juga materi Penggunaan Pasta Gigi Herbal untuk Kesehatan gigi mulut.

Pelaksanaan kegiatan penyuluhan Cara Mencuci Tangan Baik dan Benar oleh Henri Hartman,drg.,Sp.KGA dilakukan dengan cara  mempresentasikan edukasi mengenai pengertian, pentingnya mencuci tangan.

Dalam kesempatan itu, Henri menjelaskan kepada masyarakat tujuan mencuci tangan, manfaat mencuci tangan serta mendemonstrasikan cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut World Health Organization (WHO).

Menurutnya, langkah pertama mencucu tangan adalah menuangkan cairan cuci tangan pada telapak tangan, kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

”Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian. Lalu, gosok sela-sela jari tangan hingga bersih,” terangnya.

Selanjutnya, lanjut Henri, bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci. Dilanjutkan dengan menggosok dan memutar ibu jari secara bergantian.

”Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan,” lanjutnya.

Sementara itu dalam penyuluhan Mencegah Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Berjejal pada Anak, narasumber Dr. Widya Irsyad, drg.,Sp.Ort menjelaskan, derajat keparahan kebiasaan buruk anak berbeda-beda dan dapat menyebabkan tampilan wajah yang buruk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan