8.698 Kasus ISPA di Kota Depok, Sebagian Besar Ditemukan pada Balita

JABAR EKSPRES – Peningkatan penderita ISPA di Kota Depok terbilang siginifikan. Bahkan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mencatat jumlah penderita Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) tercatat sebanyak 8.698 kasus selama Agustus 2023.

Kasus tersebut mayoritas diderita anak-anak.
Kepala Dinas Kota Depok, Mary Liziawati mengaku telah memantau penderita ISPA di sejumlah fasilitas kesehatan Kota Depok.

Hasilnya, terdapat peningkatan pasien ISPA namun menurutnya tidak terlalu mengkhawatirkan.

“Ya walaupun ada peningkatan jumlah kasus, tetapi ini kan kasus yang kita anggap ringan, kalau kasus berat pasti akan kita koordinasikan, kita pantau secara berkala dan secara ketat,” kata Mary, Sabtu 2 September 2023.

“Pneumonia (gejala radang paru-paru akibat infeksi) pada balita dari 0 sampai 5 tahun itu 182 kasus. Namun pneumonia beratnya 0 ya, sehingga tidak ada yang dirujuk,” tukas dia.

Dinas Kesehatan Kota Depok menemukan, kasus ISPA bukan pneumonia pada balita terdapat 4.969 kasus. Untuk non pneumonia pada usia lebih dari 5 tahun mencapai 3.480 kasus.

“Sedangkan yang pneumonia lebih dari 5 tahun itu ada 67 kasus, jadi total keseluruhannya mencapai 8.698 kasus,” tukas Mary.

Mary mengungkapkan, peningkatan pasien ISPA telah terlihat dari Juli hingga Agustus.

Namun apabila dibandingkan dari Januari lalu, kasus tersebut dinilai bervariasi dan belum dapat memastikan dampak dari polusi udara.

“Agustus yang ada peningkatan dari Juli, ada 4.000 dan 5.000, ada pernah 6.000 kasus juga pada Maret, jadi bervariasi,” ungkap Mary.

Dinas Kesehatan Kota Depok menilai, kasus peningkatan dari Juli hingga Agustus mencapai 60 persen. Menurut dia, penyebab kasus ISPA dapat ditimbulkan dari infeksi virus, infeksi bakteri, dan Alergi.

“Tapi yang jelas kita akan pantau kasus ini, kita pantau secara ketat,” terang Mary.

Walaupun kasus ISPA meningkat di Kota Depok, lanjut Mary, kualitas udara terpantau masih aman. Hal itu berdasarkan laporan Kementerian Lingkungan Hidup maupun Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK).

“Sejauh ini kita sesuai yang dilaporkan dari KLH dan yang juga diukur oleh DLHK, saat ini udara Depok kualitasnya antara sedang dan baik. Jadi sampai saat ini masih aman lah.” Tutur Mary.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan