Baidu Inc Luncurkan Chatbot AI Bernama ERNIE Bot

JABAR EKSPRES- Perusahaan mesin pencari China, Baidu Inc., telah memperkenalkan layanan chatbot ERNIE Bot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) kepada masyarakat umum pada Kamis (31/8), seperti yang diumumkan oleh perusahaan tersebut.

Robin Li, yang menjabat sebagai chairman dan CEO Baidu, mengungkapkan bahwa keputusan untuk membuat ERNIE Bot tersedia bagi ratusan juta pengguna internet akan memungkinkan Baidu untuk mengumpulkan umpan balik yang sangat berharga dari dunia nyata.

Layanan ini dapat diakses melalui berbagai toko aplikasi (app store) serta melalui situs resmi. Selain memperkenalkan ERNIE Bot, Baidu juga akan merilis sejumlah aplikasi AI-native baru yang menggunakan kemampuan AI generatif.

Baca juga: OpenAI Rilis ChatGPT Enterprise dengan Performa, dan Analisis Data Terbaik untuk Dunia Bisnis

Ini tidak hanya akan membantu meningkatkan model dasar Baidu, tetapi juga mempercepat pengembangan ERNIE Bot, yang pada akhirnya akan menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik, jelas Li.

Baca juga: Demi Atasi Kekhawatiran Terkait Keamanan Data, OpenAI Keluarkan ChatGPT Enterprise

Chatbot AI seperti ERNIE  Bot dan ChatGPT dilatih menggunakan data besar dari internet untuk memberikan respons yang mirip dengan manusia terhadap pertanyaan dan perintah dalam bahasa alami.

ERNIE Bot dikembangkan berdasarkan model dasar ERNIE Baidu yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019. Selama satu dekade terakhir, Baidu telah mengalokasikan investasi lebih dari 140 miliar yuan (setara dengan Rp2.089 per yuan) untuk penelitian dan pengembangan, menurut data yang diberikan oleh perusahaan tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan