Pertamina Lubricants Latih Siswa dan Komunitas Untuk Berwirausaha Bengkel 2W

JABAR EKSPRES – Gandeng Bulog dan Kementerian Ketenagakerjaan RI, Pertamina Lubricants lakukan pelatihan pada siswa dan komunitas untuk bekal berwirausaha bengkel 2W di Bandung, 31 Agustus 2023.

Dalam menghadapi era transformasi industri yang berkembang pesat, Pertamina Lubricants berkolaborasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan BULOG untuk menciptakan gelombang baru wirausaha muda dalam bidang perbengkelan melalui Enduro Student Program atau ESP dan Enduro Sahabat Komunitas atau ESK.

Sebanyak 26 peserta yang terdiri dari 16 siswa SMK dari kejuruan Teknik Otomotif, 4 peserta binaan Rumah Pangan Kita atau RPK berkolaborasi dengan BULOG, 2
peserta nelayan, 3 peserta komunitas anak muda Agriz dan 1 peserta dari bengkel Difabel Yogyakarta, dikirimkan oleh Pertamina Lubricants.

BACA JUGA: Gerakan Sigap Bulog Papua dan Papua Barat untuk Stabilkan Harga Pangan

ESP dan ESK sendiri merupakan program Creating Shared Value (CSV), yang diluncurkan sejak 2016 dan merupakan program rangkaian pendidikan, pelatihan dan kewirausahaan mandiri khususnya di dunia perbengkelan roda dua bagi siswa terpilih dan anak muda dari berbagai SMK dan komunitas.

Program terdiri dari pelatihan teknik sepeda motor bersama Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bandung selama satu bulan, dilanjutkan dengan praktik kerja (magang) dan mentorship oleh bengkel mitra binaan Pertamina Lubricants selama 45 hari.

Kegiatan magang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bengkel secara nyata, di mana siswa akan dibekali dengan pelatihan non-teknis dan teknis bersama mekanik.

Selain itu, selama program berlangsung, Pertamina Lubricants akan terus membekali siswa dengan berbagai materi, diantaranya adalah character building dan wawasan kebangsaan, pengelolaan limbah dan lingkungan, kewirausahaan (sales dan marketing), product knowledge oli Pertamina dan creative thinking. Materi ini diberikan agar peserta memiliki pengetahuan dan motivasi yang cukup untuk latihan wirausaha, pelatihan lingkungan dan perencanaan bisnis, dan mendirikan sebuah bengkel mandiri nantinya.

Para peserta kemudian akan diberikan modal kerja untuk mendirikan usaha bengkel, dengan pendampingan dan mentorship berkelanjutan dari Pertamina Lubricants.

Corporate Secretary Pertamina Lubricants, Rifqi Budi Prasetyo mengatakan, bahwa program ini memperlihatkan tekad dalam mengembangkan potensi anak muda dalam industri perbengkelan roda dua, sambil menjawab tantangan yang muncul dalam dunia industri yang terus berubah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan