Pertalite Bakal Dihapus, Pertamina Sebut Masih Usulan Belum Diputuskan

JABAR EKSPRES – Mencuat ke publik, isu Pertalite bakal dihapus oleh Pertamina dan kini tengah jadi sorotan.

Informasi soal Pertamina bakal hapus Pertalite ternyata masih dalam tahap usulan dan belum diputuskan.

Melansir dari rilis PT Pertamina (Persero), saat ini pihaknya sedang mengkaji untuk meningkatkan kadar oktan BBM Subsidi RON 90 menjadi RON 92.

Kajian tersebut dilakukan dengan mencampur Pertalite dengan Ethanol 7 persen sehingga menjadi Pertamax Green 92.

Akan tetapi, kajian yang dinamakan “Program Langit Biru Tahap 2” tersebut masih dilakukan secara internal dan belum diputuskan.

BACA JUGA: Harga BBM Pertamina Naik 1 Agustus 2023, Ini Penyebabnya!

Saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menyebutkan terkait program tersebut belum ada keputusan apapun dari pemerintah.

“Program tersebut merupakan hasil kajian internal Pertamina, belum ada keputusan apapun dari pemerintah. Tentu ini akan kami usulkan dan akan kami bahas lebih lanjut,” kata Nicke Widyawati dikutip dari keterangan pers, Rabu, (30/8/2023).

BACA JUGA: Soal Rencana Pertamax Green 92 Bakal Gantikan Pertalite, PT Pertamina: Belum Ada Keputusan Pemerintah

Nicke menjelaskan apabila nanti usulan tersebut dapat dibahas dan menjadi program pemerintah, harganya pun akan diatur oleh pemerintah.

Ia menyebutkan tidak mungkin Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) harganya diserahkan ke pasar. Hal ini karena ada mekanisme subsidi dan kompensasi di dalamnya.

“Program Langit Biru Tahap 2 ini masih merupakan kajian internal di Pertamina. Untuk implementasinya, akan diusulkan kepada pemerintah, dan nantinya akan jadi kewenangan pemerintah untuk memutuskan,” tulis informasi dalam keterangan pers PT Pertamina tersebu, Kamis (31/8/2023).

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan