15 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh

JABAR EKSPRES – Ada banyak sekali manfaat minum air putih yang akan berdampak baik terhadap untuk tubuh kita.

Banyaknya manfaat minum air putih ini perlu diketahui agar kita sadar tentang pentingnya untuk mengonsumsi air putih.

Saat ini sudah banyak pilihan minuman yang bisa dikonsumsi untuk dapat mencukupi asupan sehari-hari, tetapi minuman air putih merupakan hal yang paling baik.

Berikut 15 Manfaat Minum Air Putih

1. Menjaga Persendian

Tulang rawan yang berada di persendian dan cakram tulang belakang menyimpan berkisar 80 persen air. Dehidrasi dalam waktu yang panjang dapat mengurangi kemampuan sendi untuk menyerap guncangan yang mengakibatkan nyeri sendi.

Apabila kita rutin mengonsumsi air putih maka bisa meningkatkan kekuatan serta kelenturan persendian. Dengan begitu, otot tak akan kaku serta tubuh tak akan mudah lelah ketika melakukan aktivitas.

2. Membentuk Air Liur

Air liur bisa membantu mencerna makanan serta menjaga lembapan mulut, hidung, dan mata, hal tersebut mencegah kerusakan. Dengan meminum air putih maka mulut pun akan bersih, sementara jika mengonsumsi minuman manis berpotensi untuk merusak gigi.

3. Menyalurkan Oksigen ke Seluruh Tubuh

Terdapat 90 persen darah yang terdiri dari air, serta darah membawa oksen untuk menyalurkannya ke berbagai anggota tubuh.

4. Meningkatkan Kesehatan dan Kecantikan kulit

Apabila mengalami dehidrasi kulit akan menjadi rawan dengan kelainan kulit serta kerutan dini. Maka salah satu solusinya dapat diatasi dengan cara minum air putih.

5. Melindungi Sumsum Tulang Belakang, Otak, dan Jaringan Sensitif Lainnya

Dampak dari dehidrasi bisa berpengaruh terhadap fungsi dan struktur otak. Dehidrasi dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah di dalam bernalar dan berpikir.

6. Menjaga Suhu Tubuh

Air yang tersimpan pada bagian lapisan tengah kulit nantinya muncul ke permukaan kulit dan menjadi keringat ketika tubuh memanas. Saat menguap maka akan mendinginkan tubuh.

Dalam konteks olahraga beberapa ilmuwan mengungkapkan pendapat jika meminum air terlalu sedikit maka penyimpanan panas akan meningkat dan individu tersebut menjadi kurang mampu mentoleransi tekanan panas.

Mempunyai banyak air dalam tubuh bisa mengurangi ketegangan fisik apabila terjadi stres ketika panas saat berolahraga. Akan tetapi perlu lebih banyak lagi penelitian terkait efek ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan