15 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh

7. Menjaga Sistem Pencernaan

Penting untuk kita menjaga sistem pencernaan dalam tubuh, karena usus membutuhkan air putih supaya bisa berfungsi secara baik. Apabila kita kekurangan air putih dan dehidrasi maka bisa menyebabkan sakit perut, sembelit, dan masalah pencernaan. Perihal tersebut tentu saja dapat meningkatkan risiko sakit maag.

8. Membuang Kotoran di Dalam Tubuh

Manfaat minum air putih berikutnya adalah dapat mengeluarkan kotoran melalui mengeluarkan keringat dan urin.

9. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Apabila tubuh manusia kekurangan air maka akan berdampak terhadap darah yang menjadi lebih kental sehingga efeknya tekanan darah meningkat.

10. Kebutuhan Saluran Pernafasan

Ketika mengalami dehidrasi, saluran pernafasan dibatasi oleh tubuh untuk meminimalisir kehilangan air, lantaran bisa memperburuk alergi dan asma.

11. Mencegah Kerusakan Ginjal

Salah satu fungsi dari ginjal adalah mengatur metabolisme cairan dalam tubuh. Apabila kekurangan air bisa mengakibatkan batu ginjal serta masalah lainnya.

12. Meningkatkan Kinerja Ketika Berolahraga

Beberapa ilmuwan memiliki pendapat apabila mengonsumsi banyak air putih bisa meningkatkan kinerja selama melakukan aktivitas berat.

Akan tetapi diperlukan banyak penelitian lagi untuk dapat mengonfirmasi hal tersebut.

13. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi air putih ternyata dapat menurunkan berat badan, apabila dikonsumsi sebagai pengganti minuman manis. Selain itu meminum air putih sebelum makan bisa membantu mencegah makan yang berlebih karena menciptakan rasa kenyang.

14. Mengurangi Kemungkinan Mabuk

Pada saat berpesta minuman beralkohol bisa membuat mabuk, namun dengan meminum air putih dapat sedikit menurunkan rasa pusing.

15. Menjaga Konsentrasi

Apabila kekurangan cairan tubuh maka konsentrasi dapat terganggu. Hal tersebut akan mengakibatkan menurunnya produktivitas sepanjang hari.

Maka dari itu kita dianjurkan untuk mengsonsumsi air putih agar otak bisa berfungsi secara optimal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan