Sampah Menumpuk, Pemkot Cimahi Andalkan Program Grak Ompimpah

JABAR EKSPRES –  Pemerintah Kota Cimahi terus berupaya menangani sampah yang menumpuk akibat tak tersalurkan ke TPA Sarimukti. Salah satu andalan solusi saat ini yakni dengan memaksimalkan program Gerakan Orang Cimahi Pilah Sampah (Grak Ompimpah). Hal itu disinyalir mampu mengatasi penimbunan sampah di setiap TPS yang terjadi akhir-akhir ini.

“Grak Ompimpah menjadi jawaban atas persoalan kita bersama mengenai sampah yang terjadi saat ini. Program itu terus kita maksimalkan agar masyarakat secara langsung bisa meminimalisir produksi sampah. Sehingga persoalan sampah ini bisa diatasi bersama, tidak hanya oleh pemerintah saja,” kata Pj Wali Kota Cimahi, Dikdik S Nugrahawan, Rabu (30/8).

Sebelum muncul persoalan sampah akibat TPA Sarimukti terbakar, Pemkot Cimahi sudah berupaya mengurangi sampah residu. Namun, dalam perjalanannya, program ini perlu kesadaran yang lebih dari masyarakat. Jumlah produksi sampai setiap hari di Kota Cimahi mencapai 240 ton lebih, diharapkan bisa terus berkurang dengan program Grak Ompimpah.

“Kita maksimalkan terus sosialisasi kepada masyarakat, Dinas Lingkungam Hidup Kota Cimahi juga terus berupaya keras agar program Grak Ompimpah ini bisa berjalan baik dan sesuai harapan,” kata Dikdik.

BACA JUGA: Rotasi Mutasi Bikin Gaduh, P4KBB Desak DPRD Segera Bentuk Pansus

Program gerak Ompimpah sudah lama di rencanakan di Akhir tahun 2022, yang menjadi bagian agenda kerja pemerintah kota Cimahi.

“Pada saat itu tidak terpikir bahwa TPA Sarimukti akan terjadi kebakaran. Yang harus kita lakukan saat ini bagaimana menguatkan agar Grak Ompimpah ini bisa merubah pola pikir, paradigma, masyarakat terhadap pengelolaan sampah,” katanya.

Ia meyakini, jika semua warga Kota Cimahi melaksanakan konsep Grak Ompimpah dengan baik, bukan tidak mungkin Cimahi bisa terwujud menjadi kota yang zero waste.

“Konsep Grak Ompimpah ini lebih mengutamakan pemberdayaan masyarakat. Untuk dukungan bak sampah sendiri saat ini kita masih bisa menampung sekitar 1.000 ton perhari,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi drg Chanifah Listyari memaparkan, Pemerintah kota Cimahi melalui DLH telah mengimbau semua Ketua RW agar menyampaikan kepada masyarakat untuk bisa melakukan pilah sampah dengan baik demi mewujudkan program Grak Ompimpah dengan maksimal.

Tinggalkan Balasan