Digitalisasi di Sumedang Jadi Daya Tarik Pemerintahan Korea Selatan

JABAR EKSPRES – Sejumlah orang yang merupakan rombongan dari Distrik Eunpyeong-gu, Seoul, Korea Selatan berkunjung ke Sumedang untuk pertama kalinya, Selasa 29 Agustus 2023 tadi malam.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman dengan bangga mengungkapkan, bahwa studi banding yang dilakukan Korea Selatan ke Sumedang merupkan sebuah tanda bahwa dunia ini Borderless.

“Silaturahmi yang di dalamnya juga terdapat studi banding, di mana kita sudah sama-sama belajar, Sumedang ke korea begitupun sebaliknya. Dan ini merupakan sebuah tanda bahwa sebenarnya dunia ini Borderless (tidak ada batasan),” katanya kepada Jabar Ekspres, Rabu 30 Agustus 2023, saat dikonfirmasi usai beri sambutan di Aula Tampomas IPP Sumedang.

BACA JUGA: Sebagai Tindak Lanjut Dari Proker 2022, FKBPD Kabupaten Sumedang Kembali Gelar Musyawarah Kerja

Delegasi yang terdiri dari Walikota atau sekelas pejabat struktural dari salah satu distrik di Kota Seoul, ini datang ke Sumedang menandatangani letter of intent tentang transformasi digital dalam pelayanan publik.

Pada kesempatan itu Walikota Distrik Eunpyeong Ms. Kim Me-Kyung mengakui Kabupaten Sumedang menjadi teman yang sepadan dalam bertukar informasi untuk memajukan pembangunan daerah.

“Saya akui Sumedang memang menjadi teman yang abadi yang cocok untuk bertukar pikiran dan bekerjasama dalam kemajuan dua daerah,” kata Ms Kim Me-Kyung yang disampaikan melalui penerjemahnya.

Dijelaskan Kim, pertemuan tersebut merupakan pertemuan kedua dalam rangka perbandingan e-Government setelah pertemuan pertama bulan Desember 2022 lalu di Korea.

Melalui pertemuan tersebut diharapkan dapat terjalin kerja sama diantara kedua wilayah sehingga dapat berkembang bersama sebagai mitra kerja.

“Saya mengajak kita semua lebih giat menjalin hubungan di antara kedua negara. Kita sudah memulai langkah yang petama. Maka dari itu, mari kita berkembang dan menjadi partner abadi sehingga kita bersama-sama maju satu sama lain,” ujarnya.

Sementara Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, Distrik Eunpyeong memiliki smart e-government juga menjadikan pariwisata sebagai core business sehingga pas dengan Sumedang yang memiliki digitalisasi dan wisata.

BACA JUGA: Dampak Fenomena El Nino dan Kemarau Panjang, Situ Cileunca Pangalengan Alami Penurunan Debit Air

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan