Kematian Prigozhin Timbulkan Luapan Emosi bagi Orang Rusia

JABAR EKSPRES – Peran militer Rusia di Ukraina telah kehilangan salah satu pembelanya yang paling vokal dengan tewasnya Yevgeny Prigozhin, pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner dan kolega Presiden Vladimir Putin.

Prigozhin, yang juga terlibat dalam berbagai usaha bisnis dan politik, tewas dalam kecelakaan pesawat di dekat Moskow pada 23 Agustus 2023, meninggalkan warisan kontroversi dan pengaruh.

Kematiannya memicu luapan emosi dari beberapa orang Rusia, yang memberikan penghormatan kepadanya dengan bunga, lilin, dan puisi.

Beberapa pendukungnya yang paling setia bahkan menolak untuk menerima kenyataan bahwa ia telah tiada, mengklaim bahwa ia memalsukan kematiannya untuk menghindari musuh-musuhnya.

BACA JUGA: Vladimir Putin Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Prigozhin

“Yevgeny Viktorovich (Prigozhin) adalah orang yang jujur, baik, dan tanpa pamrih mencintai rakyat dan Rusia,” kata Nadezhda Semyonova, seorang pendukung Wagner dari Distrik Federal Barat Laut Rusia, kepada The Moscow Times.

“Dia memberi kami semua harapan untuk meraih kemenangan.”

Grup Wagner, yang dipimpin oleh Prigozhin, menghadapi tuduhan kekejaman dan pelanggaran di Ukraina dan bagian lain di dunia di mana mereka menjalankan misi rahasia untuk Kremlin, seperti Suriah dan Libya.

Namun, Prigozhin juga menikmati popularitas di antara beberapa orang Rusia yang mengagumi sikapnya yang blak-blakan dan tegas terhadap keterlibatan Rusia di Ukraina, terutama ketika militer Rusia berjuang untuk mencapai tujuannya.

Para ahli mengatakan kepada The Moscow Times bahwa kematian Prigozhin dapat menjadikannya simbol oposisi terhadap pemerintah Rusia setiap kali pemerintah Rusia gagal mencapai tujuannya.

BACA JUGA: Intelijen Amerika Serikat Sebut Pesawat Bos Wagner Prigozhin Sengaja Dijatuhkan

Melansir berbagai sumber, Prigozhin terlibat dengan pemerintah Rusia melalui bisnis kateringnya, yang menyediakan layanan untuk Kremlin dan lembaga-lembaga negara lainnya.

Ia bertemu dengan Presiden Putin pada tahun 2000, saat ia menjamu Putin dan Perdana Menteri Jepang di restorannya di Sankt Peterburg.

Ia mendapat julukan “Koki Putin” dan menjadi orang kepercayaan presiden.

Ia juga mendirikan Wagner Group, sebuah perusahaan militer swasta yang menjalankan misi rahasia untuk Kremlin di berbagai wilayah di dunia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan