Dinkes Kota Cirebon Bersama Lintas Sektor Bangun Komitmen Entaskan TBC Zero Kasus 2030

JABAR EKSPRES — Dinas Kesehatan Kota Cirebon bangun komitmen bersama TB Komunitas Penabulu STPI Kota Cirebon, entaskan Tuberkulosis (TBC) di Kota Cirebon. Bukan hanya Dinkes Kota Cirebon, seluruh pihak dari berbagai lini sektor ikut dilibatkan dalam menekan kasus TBC di Kota Cirebon.

Mulai dari Dinas Sosial Kota Cirebon, Asosiasi Klinik Kota Cirebon, Kemenag Kota Cirebon, Dinas Pendidikan Kota Cirebon dan masih banyak lagi. Komitmen yang disepakati, tertuang dalam sebuah berita acara yang ditanda tangani oleh seluruh sektor yang hadir.

BACA JUGA: Dinkes Bentuk Tim Pemantapan Upaya Wujudkan Sekolah Peduli TBC

Kesepakatan tersebut menghasilkan beberapa point antara lain, memastikan aksi daerah optimalisasi penangan TBC, melaksanakan screening TBC pada semua warga dilingkungan sekolah, penderita TBC diikut sertakan sebagai data keluarga tidak sejahtera atau dtks, calon pengantin diwajibkan screening TBC dan masih banyak lagi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr Maria Siti Listiawati, menyampaikan bahkan komitmen tersebut tidak semata-mata hanya sebuah berita acara, namun perlu direalisasikan lebih masif di masyarakat.

“Sehubungan dengan hal tersebut TBC Komunitas Penabulu-STPI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Cirebon melaksanakan kegiatan Pertemuan Eliminasi TBC Melalui Pertemuan Forum Multi Sektor di Tingkat Kota Cirebon,” katanya, Selasa, 29 Agustus 2023.

Selain hal tersebut, kolaborasi masif seluruh sektor bersama-sama tangani TBC bukan hanya menyisir pada penderita, namun menyiapkan sejumlah stimulan melalui pemberian nutrisi bagi penderita TBC lansia.

“Dalam menekan angka kasus TBC di Kota Cirebon kami berkoordinasi dengan lintas sektoral, contohnya Dinas Sosial berkomitmen untuk melakukan sosialisasi penularan dan pencegahan TBC pada kelompok rentan,” ungkapnya.

Dia mencatat, kasus TBC di Kota Cirebon selama Januari hingga Agustus mencapai 2.212 atau sertara dengan 79 persen kasus TBC dari target 2.783 kasus pertahun.

BACA JUGA: Hijaukan Kota Cirebon, PT KAI Tanam 654 Pohon

“Kami sangat menghargai dukungan dan komitmen yang dilakukan oleh teman-teman lintas sektoral dalam mewujudkan zero kasus TBC di tahun 2030. Ini adalah sebuah langkah besar dan percepatan,” jelasnya.

Sementara ini, dia menyebut posisi Indonesia teehadap penderita TBC berada diurutan ke dua setelah India, dengan jumlah kasus 824.000 kasus pertahunnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan