Mengenal Cidera yang Vinicius Jr derita, Robekan Fibrillar

JABAR EKSPRES – Pemain andalan Real Madrid, Vinicius Jr. baru saja didiagnosa terkena cidera robekan otot Fibrillar. Hal ini membuat pemain tersebut harus menepi 4 hingga 6 pekan kedepan.

Vinicius Jr. terkena cidera tersebut pada laga Celta Vigo melawan Real Madrid di Estadio Balaidos, Sabtu 26 Agustus 2023. Dia terkena cidera tersebut setelah melakukan akselerasi yang cukup tinggi saat Real Madrid melakukan serangan balik. Akibatnya, dia harus ditarik di menit ke-18.

Melihat hal tersebut, sebenarnya apa sih cidera otot Fibrillar ini? Apakah cidera ini berbahaya dan siapa saja yang biasa terkena cidera ini? Simak penjelasannya sampai habis, ya!

Melansir dari beragam sumber, robekan Fibrillar adalah cidera yang terjadi pada otot rangka akibat putusnya serat otot rangka tersebut. Penyebab utama terjadinya cidera ini adalah terlalu tegangnya otot tersebut sehingga tidak mampu lagi menahan tumpuan yang berakibat pada kerusakan otot.

BACA JUGA: Real Madrid Full Cemberut! Vinicius Jr Harus Menepi Hingga 6 Pekan

Cidera ini begitu rentan terjadi pada atlet akibat intensitas mereka dalam berkegiatan terlalu tinggi. Jika terkena cidera ini, maka penderita harus menepi 4 hingga 6 pekan, serta harus mendapatkan pendampingan dari fisioterapi untuk mempercepat proses penyembuhan.

Berdasarkan tulisan dari medcraveonline.com, robekan Fibrillar ini adalah lesi tipe linier sangat halus dengan panjangnya yang bervariasi. Tetapi dengan ketebalan tidak melebihi 2 mm (terjadi pada ketebalan otot, dan disertai edema perilesional dalam jumlah yang bervariasi). Jika seseorang menderita cidera ini, otot akan sembuh tanpa gejala sisa dan baik prognosa.

Demikianlah penjelasan mengenai robekan Fibrillar yang tengah Vinicius Jr. derita. Sangat diharapkan kepada semua yang akan berolahraga atau beraktivitas lain, alangkah baiknya untuk melakukan pemanasan semaksimal mungkin untuk menghindari cidera ini maupun cidera lainnya. (*)

BACA JUGA: Hasil Penelitian: Pasangan yang Menyebalkan Bisa Bikin Masa Depan Lebih Bahagia

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan