Longsor di Cicalengka, Akses Jalan Penghubung 3 Desa Lumpuh Tertutup Material Tanah

JABAR EKSPRES – Akses jalan dengan lebar sekira 4 meter di area Desa Dampit menuju Desa Tanjungwani, Kecamatan Cicalengka tertutup material longsor.

Bencana alam ini menerjang wilayah Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Minggu 26 Agustus 2023 pagi.

Longsor ini menutupi akses jalan penghubung antar 3 desa.

Kepala Desa (Kades) Dampit, Danang Setiawan membeberkan dugaan sementara, yakni faktor adanya irigasi di bagian atas lahan membuat kontur tanah semakin gembur hingga terjadilah longsor.

“Alhamdulillah enggak ada korban jiwa atau pun luka-luka. Karena memang pas kejadian pagi-pagi tadi sedang tidak ada warga yang beraktivitas di lahan,” ungkapnya.

“Kita bersama warga gotong-royong memberaihka material tanah agar akses jalan kembali normal. Sudah berkoordinasi juga dengan pihak PU Kabupaten Bandung, tadi jam 14.40 (WIB) baru datang alat berat,” tukas Danang.

Salah seorang pengendara motor, Rifan (27) menuturkan, dirinya sempat terhenti perjalanan akibat terhalang material tanah longsor.

“Saya sama istri mau ke Curug Cinulang, tapi sempat terhenti karena terhalang longsor. Khawatir juga ini karena baru pertama kali lihat longsor,” tuturnya.

Rifan memaparkan, meski perjalanannya terhenti sekira 20 menit, namun akhirnya dia bersama sang istri dapat kembali melanjutkan perjalanan.

“Alhamdulillah gak jatuh, soalnya tadi sempat ada pengendara motor lain yang terpeleset, soalnya lumayan licin dari lumpur,” pungkasnya. (Bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan