Fitur Terbaru Google Notes: Widget Catatan Tunggal untuk Kemudahan Akses dan Produktivitas Lebih!

JABAR EKSPRES – Setelah menghadirkan beragam peningkatan pada tahun 2022, Google Keep kembali memanjakan pengguna dengan fitur anyar yang sangat praktis. Widget catatan tunggal (single note) telah diluncurkan, memberikan kenyamanan akses dan pengeditan langsung dari layar utama perangkat Anda.

Tampilan Layar Utama yang Lebih Teratur

Widget catatan tunggal ini memungkinkan Anda untuk ‘menyematkan’ catatan atau daftar penting langsung ke layar beranda perangkat Anda. Hanya dengan sekali ketuk, Anda bisa langsung melakukan penyuntingan di aplikasi Keep. Lebih hebatnya lagi, Anda juga dapat membuat daftar dengan mudah menggunakan widget ini.

Baca Juga: Warna Terbaru iPhone 15 Pro: Titan Grey & Dark Blue Bikin Gagal Fokus!

Fitur Kekinian dalam Genggaman

Yang membuat fitur ini semakin menarik adalah integrasinya dengan aplikasi Keep. Warna latar belakang dan pengingat dari catatan atau daftar yang Anda buat melalui widget akan secara otomatis terpantau dan mencerminkan di aplikasi. Keberadaan ikon kolaborator juga memungkinkan untuk berbagi catatan dengan lebih dari satu orang, cukup dengan melihat ikon yang muncul.

Baca Juga: Samsung Resmi Rilis Monitor Gaming Odyssey OLED G9 dengan Resolusi DQHD

Proses Instalasi yang Mudah

Widget ini dapat diakses tanpa perlu pengaturan administrator tambahan. Pengguna dapat langsung menggunakannya begitu widget resmi diluncurkan. Syarat utamanya adalah Anda harus mengakses Google Keep dari perangkat Android. Agar widget ini bisa ditambahkan ke layar utama perangkat Anda, ikuti langkah-langkah sederhana yang disarankan:

  1. Sentuh dan tahan layar utama perangkat Android Anda.
  2. Pilih opsi “Widget.”
  3. Cari dan pilih aplikasi Google Keep.
  4. Di bawah kategori “Keep Notes,” pilih widget yang Anda inginkan:
    • “Single note” untuk satu catatan.
    • “Note collection” untuk beberapa catatan terpilih.
    • “Quick capture” untuk membuat catatan cepat.
  5. Sentuh dan tahan widget yang telah Anda pilih.
  6. Tempatkan widget di lokasi yang Anda kehendaki di layar utama.

Fitur Terbatas pada G Suite dan Akun Pribadi

Google Keep telah merilis widget ini secara bertahap, mulai 2 Maret 2023. Proses peluncuran ini mungkin akan memakan waktu hingga 15 hari untuk dapat dinikmati oleh seluruh pengguna. Widget ini dapat dinikmati oleh pelanggan Google Workspace, termasuk mereka yang menggunakan G Suite Basic dan G Suite Business versi lama. Selain itu, pengguna dengan akun Google pribadi juga bisa menikmati fitur ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan