8 Sayuran Ini Jangan Dipanaskan Lagi! Bahaya

JABAR EKSPRES- Memanaskan makanan kembali mungkin menjadi cara untuk menyajikan kembali hidangan yang lezat. Namun, ada delapan jenis sayuran yang sebaiknya tidak dihangatkan ulang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah delapan varietas sayuran yang tidak disarankan untuk dipanaskan kembali.

Bayam
Sayuran bayam sebaiknya tidak dipanaskan ulang karena mengandung konsentrasi nitrat yang tinggi. Menurut Timesofindia, ketika nitrat terpapar suhu tinggi, bisa berubah menjadi senyawa beracun. Kandungan nitrat ini memiliki efek karsinogenik yang berbahaya jika bayam dipanaskan kembali.

Brokoli
Seperti bayam, brokoli juga mengandung nitrat dalam jumlah yang cukup tinggi. Menghangatkannya kembali berulang kali berpotensi mengubah nitrat menjadi racun. Menanaskan brokoli berulang kali dapat memicu peningkatan risiko terkena kanker.

Jamur
Jamur adalah jenis sayuran yang kaya protein. Namun, memanaskan jamur berulang kali bisa menjadi berbahaya bagi kesehatan karena protein yang terkandung di dalamnya menjadi kurang baik setelah dipanaskan kembali. Mengonsumsi jamur yang dipanaskan ulang dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan bahkan berpotensi memicu masalah jantung.

Kangkung
Seperti brokoli dan bayam, kangkung memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan mengandung nitrat. Memanaskan kangkung kembali dapat membahayakan kesehatan. Kangkung juga bisa kehilangan sejumlah besar nutrisi saat dimasak ulang dan bisa berubah menjadi nitrit dan zat karsinogenik setelah dipanaskan kembali.

Baca juga: Nikmatnya Kuliner Empal Gentong, Hidangan Tradisional yang Sangat Memanjakan Lidah!

Kentang
Memanaskan kentang kembali bisa mengakibatkan hilangnya sebagian besar nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kentang yang dipanaskan ulang juga berisiko terkontaminasi oleh bakteri yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Kentang yang dipanaskan ulang berpotensi menghasilkan racun yang dapat menyebabkan gejala mual dan keracunan makanan.

Lobak
Lobak juga merupakan jenis sayuran dengan kandungan nitrat yang cukup tinggi. Karena itu, menghangatkannya kembali dan mengonsumsinya dapat menjadi berbahaya bagi kesehatan. Mengonsumsi lobak yang dipanaskan ulang berpotensi menghasilkan racun dalam tubuh.

Baca juga: Menikmati Hidangan di Tempat Makan Ruang Terbuka, Pengalaman Kuliner yang Segar

Seledri
Sayuran seledri juga memiliki kandungan nitrat yang signifikan. Sama seperti sayuran lainnya dengan kandungan nitrat tinggi, mengonsumsi seledri yang dipanaskan kembali dapat mengubah nitrat menjadi senyawa berbahaya bagi tubuh. Pemanasan ulang seledri dapat meningkatkan risiko methemoglobinemia yang dapat menyebabkan komplikasi kejang hingga kematian.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan