13 Waktu Paling Mustajab untuk Dikabulkannya Do’a

JABAR EKSPRES – Allah menjanjikan semua doa yang dipanjatkan hambanya pasti akan dikabulkan, yang membedakan adalah waktu dan cara pengabulan doa tersebut. Namun ada waktu-waktu tertentu yang diyakini menjadi waktu yang mustajab untuk cepat dikabulkannya doa.

Setidaknya ada 13 waktu yang disebutkan dalam beberapa hadits menjadi waktu yang mustajab bisa mempercepat doa terkabul.

Hal ini merupakan bukti kecintaan Allah kepada hamba yang mau berdoa dan memohon kepadaNya. Bahkan Allah memberi ‘bonus’ berupa ampunan dosa kepada hamba-Nya yang berdoa.

Allah Ta’ala berfirman dalam sebuah hadits qudsi:

يا ابن آدم إنك ما دعوتني ورجوتني غفرت لك على ما كان منك ولا أبالي

“Wahai manusia, selagi engkau berdoa dan berharap kepada-Ku, aku mengampuni dosamu dan tidak aku pedulikan lagi dosamu” (HR. At Tirmidzi, ia berkata: ‘Hadits hasan shahih’)

Sesungguhnya tanpa berdoapun Allah selalu mencukupkan kebutuhan hambanya, namun dengan berdoa, maka seorang muslim mengakui kelemahannya, juga penghambaannya, selain itu dengan berdoa maka akan menjadi lebih dekat dengan Tuhannya.

Sebaliknya, jika seseorang menolak untuk berdoa, maka orang yang demikian oleh Allah ‘Azza Wa Jalla disebut sebagai hamba yang sombong dan diancam dengan neraka Jahannam.

Allah Ta’ala berfirman:

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir: 60)

Baca juga : Doa yang Bisa Kita Baca untuk Menghindari Gangguan Setan

Waktu Yang Mustajab untuk Berdoa

Berikut beberapa waktu yang sangat tepat dimanfaatkan untuk berdoa karena dikenal sangat mustajab dan cepat dikabulkan.

1. Ketika sahur atau sepertiga malam terakhir

Allah Ta’ala mencintai hamba-Nya yang berdoa disepertiga malam yang terakhir. Allah Ta’ala berfirman tentang ciri-ciri orang yang bertaqwa, salah satunya:

وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُون

“Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan” (QS. Adz Dzariyat: 18)

Sepertiga malam yang paling akhir adalah waktu yang penuh berkah, sebab pada saat itu Rabb kita Subhanahu Wa Ta’ala turun ke langit dunia dan mengabulkan setiap doa hamba-Nya yang berdoa ketika itu.

2. Ketika berbuka puasa

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan