Tanda-Tanda Gejala Sepeda Motor Jika Mengalami Kerusakan Pada Busi

JABAR EKSPRES – Beberapa pengendara mungkin pernah mengalami gejala kesulitan dalam menghidupkan sepeda motor, terutama di pagi hari. Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah tersebut, namun yang sering terjadi adalah akibat kerusakan pada busi.

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, salah satu komponen tersebut memiliki peran yang sangat vital dalam sepeda motor. Busi merupakan komponen penting dalam sistem pengapian pada sepeda motor. Tanpa adanya busi, mesin sepeda motor tidak akan bisa dihidupkan.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, Busi berfungsi untuk menghantarkan tegangan listrik yang diteruskan oleh koil pengapian (ignition coil) menjadi percikan api. Fungsi inilah yang membantu membakar campuran udara dan bensin di dalam ruang bakar.

Baca juga: Pengendara Nekat Lawan Arus?? Siap-siap Sanksi Denda Sampai 500ribu!!

“Seperti halnya komponen motor lainnya, perawatan dan perhatian terhadap busi juga sangat diperlukan agar kondisinya dan kinerjanya tetap optimal. Jika busi dibiarkan dalam kondisi yang buruk, kinerjanya tidak akan mencapai titik maksimal, yang pada gilirannya dapat mengganggu performa sepeda motor dan mengurangi efisiensi penggunaan bahan bakar,” ujar Ade.

Berikut ada tanda-tanda gejala pada sepeda motor yang disebabkan kerusakan pada busi, diantaranya :

Suara tidak normal pada mesin

Yang paling bisa diidentifikasi jika terdapat kerusakan pada busi adalah dari suara yang tidak normal pada mesin, disebabkan karena pembakaran yang tidak sempurna, akan terasa ketika memutar gas, maka suara yang dihasilkan tidak seperti biasanya mesin ketika normal.

Apalagi jika pengendara memiliki sepeda motor dengan konfigurasi mesin multi silinder, jika suara mesin terdengar tidak halus atau kasar dan muncul muncul getaran yang tidak biasa, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada busi motor.

Alasannya, busi yang rusak bisa berpengaruh terhadap fungsi silinder motor. Keadaan ini sering disebut sebagai mesin pincang dan sebaiknya segera membawa motor ke bengkel untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut.

Mesin Sulit Dihidupkan

Sepeda motor memiliki 2 jenis starter untuk menghidupkan mesin, diantaranya elektrik starter atau diengkol.  Dan jika busi mengalami kerusakan kedua starter tersebut akan memiliki kendala ketika dihidupkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan