Mengenal Komet Baru Nishimura, Kapan Melintas di Indonesia?

JABAR EKSPRES – Komet C/2023 P1 Nishimura saat ini sedang bergerak di hadapan konstelasi Gemini, rendah di langit saat fajar.

Saat Nishimura mengabadikan gambar komet ini, ia masih berada dalam bayang-bayang sinar matahari.

Seiring dengan mendekatnya komet ini ke arah Matahari, komet ini diperkirakan akan menjadi lebih terang dan bisa dilihat dengan bantuan binokular.

Namun, muncul pertanyaan apakah cahaya komet ini akan cukup terang untuk dapat dilihat dengan mata telanjang.

BACA JUGA: Mitos Hujan Meteor Bisa Mengabulkan Permohonan, Ini Asal-Usulnya

Meskipun diyakini bahwa cahaya komet ini akan cukup terang untuk dilihat tanpa bantuan optik, namun pada puncak terangnya, komet ini akan berada sangat dekat dengan posisi Matahari di langit.

Hal ini mungkin akan membuat sulit bagi kita untuk menemukan komet ini di bawah sinar matahari atau bahkan saat siang hari.

Namun, jangan khawatir. Selama akhir bulan Agustus dan awal bulan September, kita masih memiliki kesempatan untuk mencoba melihat penghuni angkasa ini menggunakan teropong, teleskop kecil, atau bahkan melalui pengambilan gambar panjang, sebelum komet ini terlalu dekat dengan area sekitar Matahari.

Tentu saja, kita juga bisa berharap bahwa akan terjadi fenomena ledakan komet ini ketika jaraknya masih cukup jauh dari Matahari.

Ukuran komet ini yang dapat diamati sekarang adalah sekitar 9.2 magnitude, yang berarti orang dapat melihatnya menggunakan teleskop di langit yang cukup gelap. Saat ini, ekor komet memiliki panjang sekitar delapan menit busur.

BACA JUGA: Viral di TikTok Hujan Meteor Melewati Indonesia, Ini Tips Melihatnya!

Komet ini diperkirakan akan terus bersinar dan ekornya semakin panjang seiring mendekatnya ke arah Matahari, lalu akan mencapai puncak kecerahannya pada bulan September, ketika komet ini berada pada jarak terdekatnya dengan Matahari dan Bumi.

Waktu terbaik mengamati komet Nishimura adalah pada tanggal 12 September beberapa jam sebelum fajar.

Di waktu tersebut, komet Nishimura berada di konstelasi Leo dengan magnitudo 4,6, cukup terang untuk diamati dengan mata tanpa alat bantu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan