Kades Ciherang Sulap Limbah Jadi Kostum di Fashion Show Sultan

JABAR EKSPRES – Kepala Desa Ciherang Nana Suarsana bersama dengan masyarakat Desa Ciherang, menuangkan ide serta kreativitasnya ke dalam kostum unik yang terbuat dari limbah seadanya pada acara Fashion Show di Alun-alun Sumedang, Jumat, 25 Agustus 2023.

Kostum tersebut dikenakan oleh Kades Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan (disingkat jadi Sultan), dalam rangkaian memeriahkan HUT RI ke-78 dan Milangkala Kecamatan Sultan di halaman MPP Sumedang.

Pada kesempatan itu, para kepala desa dan lurah, serta unsur masyarakat lainnya, berlomba-lomba membuat kostum untuk peragaan busana atau fashion show Sultan.

BACA JUGA: Ancaman Kekeringan dan Karhutla di Wilayah Jabar, Seluas 156 Hektar Lahan Mengalami Kerugian

Nana mengatakan, dirinya sengaja membuat kostum yang terbuat dari bahan-bahan seadanya. Karena lebih jelas, mudah, murah, dan ramah lingkungan.

“Ini ide dari saya sendiri. Terinspirasi dari baju adat tanah Minahasa. Dibuat dari bermacam-macam limbah yang ada di Desa Ciherang, seperti limbah serutan kayu, kulit, biji buah-buahan, kanvas yang sudah tidak terpakai, sampai bulu ayam,” kata Nana kepada Jabar Ekspres, Jumat (25/08/2023).

Nana juga berharap bahwa nantinya limbah-limbah yang dihasilkan, dapat menjadi manfaat dan memiliki nilai ekonomi di kemudian hari.

“Saya berharap, nantinya limbah seperti kayu atau spons ini bisa didaur ulang menjadi seperti kostum yang saya pakai. Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi buat anak-anak muda karang taruna di Ciherang,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, menyampaikan apresiasinya atas gagasan dari Kecamatan Sumedang Selatan yang mengambil tema daur ulang limbah sebagai tema fashion week pada Milangkala Kecamatan Sumedang Selatan ke-78.

“Saya apresiasi dengan ada fashion week yang temanya memanfaatkan daur ulang. Supaya, jangan sampai sampah ini menjadi bencana bagi kita. Tapi, bagaimana memanfaatkan dan memilah sampah diolah kembali menjadi barang yang berguna,” ucap Erwan.

BACA JUGA: Kalangan Muda Peserta Pelatihan di BLK Sumedang Meningkat 90 Persen, Diharapkan Hasilkan Kualitas Maksimal

Selain itu, Erwan juga menyampaikan apresiasi terhadap kemajuan Sumedang Selatan di bawah pimpinan Marlina.

“Untuk Sumedang Selatan saya acungkan jempol. Sekarang Sumedang Selatan sudah mulai memunculkan hal-hal positif SAKIP meningkat, stunting turun, kesejahteraan meningkat, pelayanan semakin membaik, dan ini saya yakin mejadi pelayananan menuju world class,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan