Dampak Kebakaran TPA Sarimukti, Pemprov Jabar Siapkan TPA Sementara

 

JABAR EKSPRES – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) berupaya melakukan penyelesaian dampak kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Sarimukti, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Melalui unggahan sosial media pribadinya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebut penyelesaian dampak kebakaran dengan  menyiapkan TPA Sementara.

“Sudah disiapkan oleh Pemprov Jawa Barat untuk penampungan sampah perkotaan sementara, sambil menunggu selesainya pemadaman TPA Sarimukti,” ucap emil sapaan akrabnya di akun pribadinya, Jum’at (25/8).

Emil menambahkan, saat ini pihaknya juga sedang melakukan pembangunan akses jalur menuju TPA Sementara. Sehingga dengan adanya pembangunan itu, ia berharap dapat menjadi solusi dari peristiwa kebakaran di TPAS Sarimukti.

“Semoga musibah ini secepatnya bisa diselesaikan. Sementara waktu, tentunya warga Bandung Raya diharapkan untuk membantu dengan mengurangi sampah rumah, kantor, industri dan sebisa mungkin mengolah sendiri secara mandiri sampai masalah ini bisa diselesaikan,” imbuhnya

Berdasarkan informasi yang didapat, kebakaran yang terjadi di TPAS Sarimukti sejak hari Sabtu, 19 Agustus 2023 kemarin, kini telah menghanguskan tumpukan sampah hingga 12 hektar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar Prima Mayaningtyas menyebut, kebakaran tersebut diduga akibat adanya puntung rokok yang dibuang ke tumpukan sampah.

“Upaya dari kami (DLH) sudah pasti, jadi Sarimukti ini kondisinya kemungkinan adanya api dari puntung rokok dari pemulung. Kemudian api sudah bisa kita padamkan di hari Minggu (20/8), sehingga kebakaran itu sudah bisa kita padamkan. Tapi memang karena ini cuacanya panas, kering, sehingga api terbawa angin hingga akhrinya merambat ke arah timur,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (22/8).

Writer: Sandi NugrahaEditor: Tiara Disa Pratiwi

Tinggalkan Balasan