Ungkap Estimasi Pengaruh Kawasan Rebana, Ridwan Kamil: Akan Sumbang Perekonomian Indonesia 10 Tahun ke Depan

JABAR EKSPRESRidwan Kamil mengungkapkan estimasi pengaruh kawasan Rebana terhadap perekonomian Indonesia. Seperti diketahui bahwa kawasan Rebana merupakan salah satu program kerjanya selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar).

Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, kawasan Rebana memiliki sejumlah keunggulan yang dapat meningkatkan perekonomian Provinsi Jabar. Hal tersebut, katanya, diharapkan dapat menyumbang perekonomian terhadap negara.

BACA JUGA: Inilah Rahasia Ridwan Kamil Majukan Jabar, Berhasil Jadi Provinsi dengan Capaian Realisasi Investasi Tertinggi di Indonesia

Namun, tak sedikit orang yang belum memahami terkait kawasan Rebana yang diupayakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil selama lima tahun menjabat.

Sebagai informasi, kawasan Rebana meliputi beberapa Kabupaten/Kota di wilayah Jabar Utara. Di antaranya yakni Kabupaten Majalengka, Subang, Indramayu, Cirebon, dan Sumedang.

Kawasan Rebana merupakan kawasan metropolitan yang akan diproyeksikan menjadi motor penggerak ekonomi sekaligus ladang investasi (Jabar) yang diharapkan dapat berpengaruh signifikan terhadap perekonomian negara.

BACA JUGA: Bangga! Ridwan Kamil Benarkan Provinsi Jabar Rajai Investasi di Indonesia Selama 5 Tahun Berturut-turut

Menurut keterangan Kang Emil, sapaan akrabnya, beberapa kawasan di Jabar tersebut layak untuk dibangun dan dikembangkan sebagai kawasan metropolitan terpadu, dan ini semua merupakan restart refleksi dari kawasan Peruntukan Industri (KPI) yang telah ada. Kemudian, ia menilai bahwa antara kehidupan kerja dengan rekreasi harus berjalan seimbang.

“Itu kritik saya. Akibatnya, tidak ada alun-alunnya, tidak ada ruang istirahat, tidak ada ruang keluarga, ruang bermain. Semua kerja. Hidup tidak boleh begitu. Hidup harus seimbang antara kerja, tempat tinggal dan rekreasi,” katanya.

Sementara itu, kawasan Rebana diproyeksikan sebagai kota metropolitan ketiga di Jawa Barat setelah Bogor, Depok, Bekasi, dan Bandung Raya. Bahkan diharapakan akan menjadi wilayah regional paling lengkap di Indonesia dengan mencakup 43.913 hektar.

“Kami sudah menghitung Regional Metropolitan Rebana ini akan menyumbangkan 1 persen pada perekonomian Indonesia pada 10 tahun ke depan,” kata Ridwan Kamil, dala acara Kickoff West Java 2023 yang diselenggarakan di Aula Masjid Al Jabbar Kota Bandung pada Sabtu, 19 Agustus 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan