Doa, Niat dan Tata Cara Tayamum, Serta Manfaatnya yang Luar Biasa

2. Menepuk Tanah

Ketuk tanah atau debu dengan telapak tangan Anda sebanyak dua kali.

3. Mengusap Wajah

Usap wajah dengan telapak tangan yang telah disentuh oleh tanah atau debu. Mulai dari dahi hingga dagu.

4. Mengusap Tangan

Usap kedua tangan hingga pergelangan tangan dengan telapak tangan yang telah disentuh oleh tanah atau debu secara bergantian.

5. Terakhir, pertemukan kedua telapak tangan dan usap-usapkan di antara jari-jarinya.

Baca juga :Tata Cara Tayamum di Kendaraan Saat sedang Mudik, Cermati Syaratnya Agar Ibadah Kita Diterima

6. Setelah tayamum, dianjurkan juga oleh sebagian ulama untuk membaca doa bersuci, seperti halnya doa berikut ini.

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Artinya: Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bertaubat, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bersuci, dan jadikanlah aku sebagai hamba-hamba-Mu yang saleh. Mahasuci Engkau, ya Allah. Dengan kebaikan-Mu, aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Engkau. Dan dengan kebaikan-Mu, aku memohon ampunan dan bertaubat pada-Mu.

Manfaat Tayamum dalam Islam

Selain sebagai sarana untuk mengganti wudhu, ternyata tayamum memiliki banyak manfaat yang kadang tidak kita sadari peruntukannya, diantaranya sebagai berikut :

1. Kemudahan dalam Ibadah

Tayamum memberikan kemudahan kepada umat Islam untuk menjalankan ibadah wudhu atau mandi junub ketika air tidak tersedia atau tidak dapat digunakan. Ini menunjukkan fleksibilitas dalam menjalankan perintah agama.

2. Menghargai Air sebagai Nikmat

Tayamum mengajarkan umat Islam untuk menghargai nikmat air sebagai sumber kehidupan dan kesucian. Dalam kondisi normal, air digunakan untuk berwudhu atau mandi junub, tetapi ketika air tidak tersedia, tayamum dapat menjadi alternatif.

Baca juga :Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW

3. Tayamum dalam Keadaan Tertentu

Tayamum juga dapat dilakukan ketika ada rintangan fisik atau medis yang menghalangi penggunaan air, seperti kondisi kesehatan tertentu atau situasi darurat.

4. Meningkatkan Kepatuhan

Tayamum adalah bentuk pengingat akan pentingnya menjalankan perintah agama meskipun dalam situasi yang sulit atau terbatas.

Tinggalkan Balasan