Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan, Menurut Ustadz Abdul Somad

JABAR EKSPRES – Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh rahmat. Sebelum memasukinya, ada anjuran agar kita mensucikan diri terlebih dahulu. SaLah satunya dengan melakukan mandi wajib atau mandi taubat.

Mandi wajib atau mandi taubat ternyata menjadi salah satu amalan khusus menjelang Ramadhan.

Hal ini diketahui dari salah satu ceramah ustadz Abdul Somad, yang menyebutkan agar umat Islam bisa memasuki bulan puasa dalam keadaan bersih.

Ustadz Abdul Somad mengatakan, amalan pembersihan diri menyambut Ramadhan 2023 itu adalah dengan melakukan tobat, terutama bagi yang akan melaksanakan puasa Ramadhan.

Lebih lanjut Dai kondang ini menjelaskan, Tobat kepada Allah SWT disebut tobat nasuha dan tobat kepada manusia dilakukan dengan meminta maaf.

“Dengan begitu, barulah kita bersih memasuki bulan suci Ramadhan,” katanya, sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Ustadz Abdul Somad Official Fans.

Salah satu bentuk tobat yang bisa dilakukan adalah dengan mandi tobat.

“Ketika ada orang berbuat salah atau khilaf, paling bagus adalah mandi tobat.” tambahnya.

Ustad Abdul Somad juga menjelaskan tatacara mandi Tobat, yakni seperti mandi wajib biasa. Yaitu, mandi dengan membasahi seluruh badan dari ujung rambut hingga kaki.

Dengan didahului wudhu terlebih dahulu, lalu menyiramkan air dari atas kepala hingga keujung kaki.

Sementara itu bagi mereka yang karena alasan kesehatan tidak bisa terkena air, Ustadz Abdul Somad mengatakan bisa dilakukan dengan bertayamum.

Setelah mandi tobat kemudian melakukan sholat tobat dengan membaca surat apa saja. Dan, bisa dilakukan pada pagi, siang atau malam hari.

Dia sendiri mengaku tiap tengah malam melakukan sholat tobat. Diawali dengan sholat sunat wudhu, sholat sunat tobat, baru kemudian sholat tahajud dan sholat hajat.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan