Waktu yang Tepat Mengucap Masya Allah

JABAR EKSPRES – Kalimat kalimat Dzikir dianjurkan untuk selalu kita ucapkan. Namun beberapa kalimat dzikir ternyata memiliki waktu tersendiri saat mengucapkannya. Salah satunya kalimat Masya Allah yang diucapkan untuk waktu tertentu dan peruntukan yang khusus.

Bukan hanya kalimat Masya Allah, beberapa kalimat lain juga memiliki peruntukan khusus dan waktu tertentu, seperti SubhanAllah, Allahu Akbar dan lainnya.

Dilansir dari laman muslim.or.id, untuk kalimat MasyaAllah, ada sebuah kisah yang mendasari kapan waktu yang tepat untuk mengucapkannya. Hal ini disebutkan dalam Al-Qur’an, salah satunya pada ayat berikut:

وَلَوۡلَآ إِذۡ دَخَلۡتَ جَنَّتَكَ قُلۡتَ مَا شَآءَ ٱللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِۚ إِن تَرَنِ أَنَا۠ أَقَلَّ مِنكَ مَالٗا وَوَلَدٗا

“Mengapa ketika Engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan, ‘MasyaAllah, la quwwata illa billah.’ (Sungguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud, tidak ada kekuatan, kecuali dengan (pertolongan) Allah), sekalipun Engkau anggap harta dan keturunanku lebih sedikit daripadamu.” (QS. Al-Kahfi: 39)

Baca juga :  Dzikir Memohon Pengampunan dan Penghapusan Dosa

Kisah ini tentang pemilik kebun yang seorang mukmin membawa temannya yang bukan mukmin mengunjungi kebunnya, dan memberikan nasehat untuk mengucap MasyaAllah meskipun kebaikan itu bukan datang padanya, tetapi pada temannya.

Dari kisah tersebut bisa diketahui, kapan waktu yang tepat untuk mengucapkan MasyaAllah. Yakni dituntunkan untuk diucapkan pada saat melihat hal-hal yang menakjubkan, baik pada rezeki kita atau milik orang lain.

Penjelasan lebih lengkap bisa dilihat dalam tafsir ayat tersebut yang diterangkan oleh Ibnu Katsir rahimahullah, berikut ini :

أي هلا إذ أعجبتك حين دخلتها ونظرت إليها، حمدت الله ما أنعم به عليك وأعطاك من المال والولد ما لم يعطه غيرك، وقلت ما شاء الله لا قوة إلا بالله، ولهذا قال بعض السلف: من أعجبه شيء من حاله أو ماله أو ولده، فليقل: ما شاء الله لا قوة إلا بالله، وهذا مأخوذ من هذه الآية الكريمة.

“Maksud ayat ini, tidakkah Anda memuji Allah atas nikmat yang Allah berikan kepadamu yang tidak diberikan kepada orang lain berupa harta dan keturunan dengan mengucapkan ‘Masya Allah, la quwwata illa billah (masyaallah, tidak ada kekuatan, kecuali milik Allah, pent)’, saat Anda masuk ke kebun itu dan memandangnya? Oleh karenanya, sebagian ulama salaf mengatakan, ‘Jika kalian takjub dengan sesuatu, entah itu berupa keadaan, harta atau anaknya, hendaknya kalian mengucapkan, ‘Masya Allah, la quwwata illa billah.’ Pesan ini diambil dari ayat di atas.”

Baca juga : Bacaan Dzikir Petang Lengkap dengan Fadhilahnya

Dengan demikian sudah jelas, kapan waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat Dzikir Masya Allah, yakni saat kita melihat keindahan kuasa Allah, kebaikan, dan nikmat yang melimpah dari Allah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan