18 Mayat Korban Kebakaran Hutan Ditemukan di Perbatasan Turki

JABAR EKSPRES – Sebanyak 18 mayat korban kebakaran hutan, diyakini sebagai para migran yang mencoba menyeberangi perbatasan dari Turki, ditemukan dalam kondisi terbakar di dekat kota Alexandroupolis.

Kebakaran hutan yang telah mengamuk selama berhari-hari di wilayah tersebut semakin menambah kesulitan operasi pemadaman.

Insiden ini terjadi dalam situasi di mana ratusan petugas pemadam kebakaran sedang bekerja keras untuk meredam puluhan titik api yang merebak di berbagai daerah di Yunani.

Bahkan, pada hari Senin, dua korban jiwa dan dua petugas pemadam kebakaran terluka akibat kebakaran terpisah yang berkobar di bagian utara dan tengah negeri ini.

BACA JUGA: Tragedi Kebakaran Hutan di Hawaii: 36 Orang Tewas, Ribuan Mengungsi

Beruntung, meskipun kerusakan pada properti signifikan, tidak ada laporan tentang korban jiwa atau cedera serius.

Para ahli dan pejabat Uni Eropa dengan tegas menyalahkan perubahan iklim sebagai akar dari meningkatnya frekuensi dan intensitas kebakaran hutan yang menghantam Eropa.

Tidak dapat diabaikan bahwa tahun 2022 mencatatkan diri sebagai salah satu tahun terburuk kedua dalam sejarah, dalam hal kerusakan akibat kebakaran hutan, setelah peristiwa serupa pada tahun 2017.

Di tengah situasi ini, otoritas Yunani telah mengaktifkan Tim Identifikasi Korban Bencana nasional untuk mengidentifikasi dengan cermat identitas dari 18 mayat yang ditemukan di lokasi tragis di dekat Avantas.

BACA JUGA: Serem! NASA Merilis Gambar Kebakaran Hutan di Yunani

Juru bicara petugas pemadam kebakaran, Ioannis Artopios, mengonfirmasi penemuan ini, menyoroti bahwa investigasi dan upaya pemulihan sedang berlangsung.

“Mengingat belum ada laporan tentang orang hilang atau warga yang hilang dari daerah sekitarnya, kemungkinan sedang diselidiki bahwa mereka adalah orang-orang yang masuk ke negara itu secara ilegal,” kata Artopios, dikutip oleh JabarEkspres.com dari euronews.

Keadaan genting ini muncul akibat kemajuan pesat kebakaran besar yang semakin mendekati kota timur laut Yunani ini.

Upaya evakuasi ini telah disiapkan sebelumnya oleh tim Pemadam Kebakaran yang bertugas di daerah tersebut.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan Eropa dan Amerika Bisa Berdampak Bahaya untuk Tahun-Tahun ke Depan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan