10 Penyakit yang Timbul Akibat Polusi Udara, Dari Kanker Paru Hingga Bayi Prematur

JABAR EKSPRES – Kekhawatiran masyarakat akan buruknya kualitas udara akhir-akhir ini ternyata bukan tanpa alasan. Karena Polusi udara yang makin parah bisa menimbulkan munculnya berbagai penyakit.

Setidaknya ada 10 penyakit yang bisa muncul karena polusi udara. Penyakit yang merupakan gangguan kesehatan ini merupakan dampak serius dari menghirup udara yang tercemar polutan secara berkelanjutan.

Bukan hanya berdampak pada kesehatan fisik, namun juga bisa mengacam kesehatan mental kita. Hal ini terkait dengan kekhawatiran berlebihan untuk keluar rumah, kecemasan akan terserang penyakit berbahaya dan lain sebagainya.

Namun untuk saat ini kita akan membahas tentang penyakit fisik yang paling cepat dirasakan gejalanya oleh manusia.

Baca juga : Menjaga Kesehatan di Tengah Buruknya Polusi Udara, Ini 9 Tips yang Perlu Anda Tahu!

Berikut 10 penyakit yang dapat disebabkan atau diperburuk oleh polusi udara:

1. Penyakit Pernafasan

Polusi udara dapat menyebabkan atau memperburuk penyakit pernapasan seperti asma, bronkitis kronis, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Partikel-partikel kecil dalam udara dapat merusak saluran pernapasan dan memicu peradangan.

2. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Paparan polusi udara dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran pernapasan atas, termasuk pilek dan infeksi sinus.

3. Penyakit Kardiovaskular

Polusi udara dapat menyebabkan masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Partikel-partikel halus dalam udara dapat masuk ke dalam aliran darah dan merusak pembuluh darah.

Baca juga : ASN DKI Jakarta WFH, Intip Manfaat Lain WFH selain Kurangi Polusi Udara, Bisa Kurangi Stres?

4. Gangguan Fungsi Paru-Paru

Paparan polusi udara jangka panjang dapat mengurangi fungsi paru-paru secara keseluruhan, bahkan pada orang yang sehat. Ini dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan pernapasan pada masa mendatang.

5. Kanker Paru-Paru

Paparan jangka panjang terhadap polusi udara yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti polutan udara dalam bentuk asap rokok, polutan udara dalam kendaraan, dan asap industri, dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker paru-paru.

6.Gangguan Pengembangan

Paru-Paru pada Anak-Anak: Anak-anak yang terpapar polusi udara dapat mengalami gangguan perkembangan paru-paru, yang dapat mengakibatkan masalah pernapasan sepanjang hidup mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan