ASN DKI Jakarta WFH, Intip Manfaat Lain WFH selain Kurangi Polusi Udara, Bisa Kurangi Stres?

JABAR EKSPRES – Intip manfaat lain WFH selain sebagai upaya untuk kurangi polusi di DKI Jakarta, ternyata bisa kurangi stres.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai memberlakukan aturan bekerja dari rumah alias WFH bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pemberlakuan WFH ini, disampaikan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Etty Agustijani sesuai dengan ketentuan yang ada dalam Surat Edaran Nomor 34 Tahun 2023.

Adapun tujuan diberlakukannya WFH yaitu untuk mengurangi tingkat pencemaran udara, mendukung pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN, dan juga menjadikan DKI sebagai proyek percontohan pemberlakuan WFH-WFO bagi ASN.

Selain tujuan WFH yang berlaku untuk ASN DKI Jakarta, ternyata ada manfaat lain WFH atau Work From Home ini lho, berikut informasinya.

BACA JUGA: Tekan Mobilitas Jalanan dan Polusi Udara, Pemprov Jabar Terapkan WFH untuk ASN

Manfaat Bekerja dari Rumah atau WFH

Melansir dari laman Hallo Sehat, keuntungan bekerja dari rumah bagi para pekerja dan perusahaan.

1. Mengurangi tingkat stres

Melalui WFH, pekerja bisa mengatur pola hidup sehat dan tidak selalu diburu-buru atau dikejar waktu.

Sehingga pekerjaan tak membuat stres, ketimbang bekerja di kantor pergi pagi dan pulang larut malam, bahkan bisa saja masih membawa sisa pekerjaannya sepulang bekerja ke rumah.

2. Lebih dekat dengan keluarga

WFH membuat pekerja bisa lebih dekat dengan keluarga dan juga pembagian pekerjaan kantor maupun di rumah terasa lebih mudah.

3. Lebih memahami teknologi

Saat WFH tentu ada berbagai aplikasi atau teknologi yang digunakan untuk menunjang pekerjaan, seperti Zoom, Google Meet, dan lainnya.

Tentunya melalui kondisi demikian akan dituntut untuk lebih memahami cara pemanfaata teknologi untuk membantu pekerjaan di rumah agar tetap bisa bekerja sebagaimana di kantor.

BACA JUGA: DPRD DKI Jakarta Bakal Segera Terapkan WFH sebagai Respons Atas Peningkatan Polusi Udara di Jakarta

4. Hemat finansial

Pekerja dan perusahaan tentunya bisa lebih hemat secara finansial karena biaya transportasi, operasional dan perawatan lainnya berkurang.

5. Produktivitas meningkat

Produktivitas juga bisa meningkat saat WFH karena bisa mengatur posisi bekerja yang nyaman, misalnya terhindar dari suara bising dan minim distraksi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan