Varian Virus COVID BA.2.86 yang Bermutasi Tinggi Muncul di Banyak Negara

JABAR EKSPRES – Varian virus yang sangat berbahaya bermutasi di balik COVID-19 sudah muncul di banyak negara, tetapi para ilmuwan masih belum tahu apakah itu akan membantu memicu gelombang infeksi atau gagal.

BA.2.86 dianggap sebagai varian yang dipantau oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada 17 Agustus. Dalam silsilah SARS-CoV-2 yang berkembang, BA.2.86 kemungkinan berasal dari BA.2, keturunan Omicron yang berkontribusi pada gelombang infeksi musim semi 2022.

Sejauh ini, telah diidentifikasi setidaknya enam kali dari empat negara, termasuk Amerika Serikat, Denmark, Israel, dan Inggris Raya.

Badan Kesehatan Masyarakat Kanada mengatakan Klade Omicron ini memiliki lebih dari 30 mutasi dari BA.2 dalam protein lonjakannya, struktur luar dari semua virus corona yang membantunya memasuki sel manusia dan berbeda secara signifikan dalam jumlah mutasi dari virus.

“Tidak biasa bagi (virus ini) untuk berubah secara signifikan dan mengembangkan 30 mutasi baru,” kata Morten Rasmussen, peneliti senior di Statens Serum Institut (SSI) Denmark, dalam sebuah pernyataan melansir dari cbc.

“Terakhir kali kami melihat perubahan sebesar itu adalah saat (Omicron) muncul.”

Walaupun penilaian ini mungkin tampak suram mengingat bagaimana Omicron telah mengubah arah pandemi dan mendorong tingkat infeksi ke level tertinggi, para ilmuwan segera menyadari bahwa BA.2.86 mungkin tidak dapat menyamai dengan pendahulunya.

“Skenario yang paling mungkin terjadi adalah varian ini kurang menular dibandingkan varian dominan saat ini, sehingga tidak pernah menyebar secara luas,” kata ahli virologi dan peneliti yang berbasis di AS Jesse Bloom dalam serangkaian postingan media sosial yang membahas evolusi BA.2.86.

“Namun, terkadang suatu varian memiliki kombinasi keunggulan antigenik dan kemampuan penularan yang cukup untuk menyebar secara luas. Apakah hal ini akan terjadi hanya dapat ditentukan dengan menunggu untuk melihat apakah ada lebih banyak rangkaian yang teridentifikasi.”

Ahli virologi David Evans, seorang profesor di departemen mikrobiologi medis dan imunologi di University of Alberta di Edmonton, mengatakan terkadang sangat sulit untuk diprediksi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan