Manfaat Luar Biasa Air Kelapa untuk Kesehatan

JABAR EKSPRES – Air kelapa tak hanya menyegarkan saat cuaca panas, tetapi juga memiliki banyak manfaat luar biasa bagi tubuh.

Manfaat air kelapa selain memberikan elektrolit dan mineral yang diperlukan, air kelapa juga kaya akan antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Namun, ada lebih banyak lagi manfaat yang bisa Anda nikmati dari minum air kelapa.

Kaya Nutrisi untuk Kesehatan

Air kelapa mengandung elektrolit, mineral, dan vitamin yang menjadikannya minuman yang sangat bermanfaat. Meskipun mengandung sedikit gula dibanding minuman lainnya, seperti minuman bersoda atau jus buah, air kelapa tetap memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan lemak yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam setiap 100 gram air kelapa, terdapat energi sebanyak 17 Kalori, 0.2 gram protein, 0.1 gram lemak, 3.8 gram karbohidrat, 15 miligram kalsium, 8 miligram fosfor, 0.2 miligram besi, 1 miligram natrium, dan 149 miligram kalium.

Baca juga : Jahe Dan Madu Dua Bahan Penuh Manfaat

Kalium Tinggi untuk Kesehatan Jantung

Manfaat air kelapa memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi, bahkan melebihi minuman olahraga yang dirancang khusus.

Bahkan, kandungan kalium dalam air kelapa lebih tinggi dari empat buah pisang. Hal ini berdampak positif pada kesehatan jantung, membantu mengatur tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

Dengan natrium yang rendah, air kelapa juga membantu menurunkan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung.

Perjuangan Melawan Penuaan

Air kelapa memiliki efek anti-penuaan yang luar biasa berkat kandungan sitokinin yang membantu mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Dengan efek antioksidan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik, air kelapa mampu menjaga kulit tetap halus dan tampak lebih muda.

Dalam jangka panjang, kandungan sitokinin pada air kelapa membantu menjaga keseimbangan pH tubuh, memperkuat jaringan ikat, dan mengurangi risiko penyakit terkait usia.

Dukungan Pencernaan dan Kesehatan Ginjal

Manfaat air kelapa memiliki khasiat bagi sistem pencernaan, membantu mengatasi diare, gangguan pencernaan, konstipasi, dan infeksi kandung kemih.

Kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak menjadikannya obat alami yang efektif untuk menggantikan cairan yang hilang akibat gangguan pencernaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan