Hengky Kurniawan Batal Maju Pileg 2024, Pengamat: Mungkin Bermain di Pilkada

JABAR EKSPRES  – Sejumlah publik figur hingga tokoh ternama ikut meramaikan daftar calon sementara (DCS) anggota DPR RI daerah pemilihan Jawa Barat.

Menanggapi hal itu, pengamat politik dan pemerintahan dari Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Arlan Siddha menyoroti khusus  Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan.

Sebelumnya, nama Hengky Kurniawan dikaitkan bakal mencalonkan Anggota DPR RI seusasi menjabat sebagai kepala daerah di Kabupaten Bandung Barat. Bahkan, nama Hengky santer disebut bakal maju dari Dapil Jawa Barat II yaitu Kabupaten Bandung Barat dan Bandung.

BACA JUGA: Di Era Kepemimpinannya, Ridwan Kamil Beberkan Hasil Pemekaran 9 Daerah di Jabar

Namun baru-baru ini, Hengky Kurniawan menyebut namanya tidak terdaftar di DCS KPU RI.

“Ada 2 hal tidak terdaftar di DCS, pertama kemungkinan beliau (Hengky) akan mengambil Pilkada, atau bermain di legislatif,” ungkap Arlan Sidha, Selasa (22/8/2023).

Ia menyebut, tidak keluarnya nama Hengky Kurniawan di DCS, bukan bagian dari kesalahan KPU. Melainkan ketidaksiapan Hengky untuk bertarung di Pileg 2024.

“Artinya, pak Hengky benar-benar bulat akan bermain di eksekutif. Sementara di legislatifnya tidak diambil walaupun kalau saya melihat jika beliau bermain di legislatif posisinya akan sama,” ujarnya.

“Sebab, dia harus mundur dulu dari legislatif untuk pencalonan ke eksekutif sesuai aturan, sehingga saya pikir pak Hengky percaya diri menjadi KBB 1,” tambahnya.

Ia menilai, sosok Hengky Kurniawan di Bandung Barat masih kuat lantaran hingga saat ini belum ada figur lain yang menonjol.

“Tapi jika ada figur baru yang mucul dengan elektabilitas tinggi ini pasti bakal seru. Namun yang jelas figur yang bisa mengimbangi Hengky saat ini harus bisa memiliki elektabilitas yang stabil, salah satunya dari kalangan artis dan memiliki wawasan yang luas baik soal politik maupun pemerintahan,” tandasnya.

Sebelumnya, nama Hengky Kurniawan tak ditemukan di dalam Daftar Calon Sementara (DCS) DPR RI untuk Pileg 2024 dari Partai PDIP, sebagaimana tertuang dalam Keputusan KPU RI Nomor 1039 Tahun 2023.

Padahal, dalam pendaftaran bakal calon legislatif, Hengky berujar akan maju dari dapil Jawa Barat II. Dapil ini meliputi 2 wilayah, yakni Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung. (Mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan