Cara Cerdas Menghindar dari Teman Yang Toxic

JABAR EKSPRES – Memiliki teman yang toxic memang menguras energi, bukan hanya fisikmu yang akan dibuatnya menderita, namun bisa juga menyerang kesehatan mentalmu. Karenanya, jika kamu merasa mulai terganggu dengan teman yang toksic, kamu harus secepatnya mencari cara untuk menghindar darinya.

Ada 10 langkah yang bisa kamu coba agar terhindar dari temanmu yang toxic. Kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi yang sedang kamu alami, karena bisa saja yang toxic bukan hanya dari satu orang temanmu, melainkan dari lingkungan disekitarmu.

Menghindari dari orang yang Toxic akan bisa membuat mentalmu menjadi lebih sehat. Karena kamu akan bisa fokus pada kebahagiaanmu sendiri tanpa harus memikirkan orang lain.

Namun perlu diingat, bila keadaan tidak bisa membuatmu menjauhi orang-orang yang toxic ini, maka kamu perlu juga mempersiapkan langkah lain, agar tetap waras meski berada dilingkungan yang membuatmu sakit.

Baca juga : Kenali Bedanya Orang Toxic Productivity dengan Produktif

Hal ini karena teman atau lingkungan yang toxic akan mudah merusak suasana hati, menghancurkan kepercayaan diri, bahkan membuat hubungan dengan orang lain rusak.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari teman yang toxic:

1. Kenali Tanda-tanda Toksik

Pertama-tama, sadari tanda-tanda teman yang toxic. Ini mungkin termasuk perilaku manipulatif, merendahkan diri Anda, selalu menciptakan drama, atau merasa negatif sepanjang waktu.

2. Jaga Jarak Emosional

Mulailah menjaga jarak emosional dengan teman yang toxic. Ini tidak selalu berarti memutuskan hubungan sepenuhnya, tetapi lebih kepada mengurangi interaksi dan menghindari terlalu terlibat dalam masalah mereka.

3. Atur Batasan Sehat

Tetapkan batasan yang sehat dalam interaksi dengan teman yang toxic. Jangan biarkan mereka memanfaatkan Anda atau mengambil terlalu banyak waktu dan energi Anda.

Baca juga : Hati-Hati, Kamu Wajib Tau Ini. 5 Ciri Pasangan Toxic

4, Jangan Terjebak dalam Drama

Jika teman toxic menciptakan drama atau konflik, cobalah untuk tetap tenang dan bijak dalam menanggapi. Hindari terlibat dalam perdebatan yang tidak produktif.

5. Fokus pada Hubungan Positif

Alihkan perhatian Anda pada hubungan yang positif dan mendukung. Temukan teman-teman yang membangun, mendengarkan, dan memahami Anda.

Tinggalkan Balasan