Satu Hektar Sampah di TPA Sarimukti Terbakar, Operasional Pembuangan Terganggu

JABAR EKSPRES  – Gunung sampah yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat terbakar.

Koordinator Pengelolaan Lapangan TPA Sarimukti, Riswanto mengatakan, kebakaran itu terjadi di zona IV pembuangan TPA Satimukti dengan luasan lahan satu hektar.

“Tidak ada korban jiwa, hanya saja imbasnya, operasional pembuangan sampah ke TPA Sarimukti terganggu,” kata Riswanto saat dihubungi, Senin (21/8/2023).

BACA JUGA: Ngeyel! Langgar Jam Operasional, Puluhan Sopir Truk di Cimahi Kena Tilang

Selain operasional pembuangan sampah terganggu, menurut Riswanto, kebakaran itu berdampak pada alat berat yang biasa dipakai.

 

Jika sebelumnya operasional TPA Sarimukti didukung oleh dua ekskavator dan satu unit buldozer, saat ini hanya satu beko dan buldozer saja.

 

“Karena ikut terbakar, Jadi alat berat yang kita pakai untuk operasional TPA dari 3 unit jadi tinggal 2. Memang jadi makin kurang ideal,” katanya.

 

Peristiwa kebakaran gunungan sampah yang melalap ekskavator di area TPA Sarimukti itu bermula saat adanya titik api di zona IV yang menyala pada Sabtu, (19/8/2023) malam hari. Petugas TPA dan Damkar langsung bergerak menaklukan api sampai berhasil padam sekira pukul 01:00 WIB dini hari.

 

“Lokasinya di zona TPA yang tidak dipakai. Memang malam hari saat kejadian sudah langsung ditangani dan padam,” tutur Riswanto.

 

Kebakaran yang ditangani rupanya tak benar-benar padam, gunungan sampah di titik api menyala kembali pada Minggu (20/8/2023) pagi.

 

Petugas lapangan TPA Sarimukti kemudian berupaya memadamkan api dengan cara menerjunkan alat berat guna membuat parit. Parit itu dibuat untuk melokalisir api agar tidak merayap ke area lebih luas.

 

“Saat berusaha memadamkan api dengan membuat parit, ternyata alat berat juga ikut terbakar. Untuk operatornya bisa menyelamatkan diri,” ujar Riswanto.

 

Riswanto menduga, kebakaran ini terjadi akibat kekeringan yang berlangsung beberapa bulan terakhir imbas fenomena El Nino. Sampah yang menumpuk di area TPA Sarimukti mengalami kekeringan dan terbakar.

 

Meski demikian, pengelola TPA Sarimukti masih menelusuri apa penyebab pasti sumber api yang melalap lahan sampah dan ekskavator TPA.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan