Perjuangkan Gelar Pahlawan, Ahli Waris TB. A. Basuni dan Germat Geruduk Balai Kota Bogor

JABAR EKSPRES – Sejumlah ahli waris Kapten Inf. (Purn) TB. A. Basuni bersama Gerakan Mahasiswa Advokasi Masyarakat (Germat) menggeruduk Balai Kota Bogor pada Senin, 21 Agustus 2023.

Puluhan massa tersebut melakukan aksi unjuk rasa di area Plaza Balai Kota Bogor untuk memperjuangkan dan meminta pengakuan TB. A. Basuni sebagai pahlawan nasional asal Bogor yang turut memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

Perwakilan ahli waris, Tubagus Hendra Bayu Rota menuturkan, aksi damai yang dilakukan ahli waris dan juga perwakilan mahasiswa ini untuk meminta pengakuan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sekaligus mendaftarkan sosok TB. A. Basuni sebagai pahlawan nasional.

“Salah satu dari sekian banyak sosok orang yang telah berjasa untuk bangsa ini akan tetapi (TB. A. Basuni) diabaikan dan tidak pernah dihargai oleh pemerintah Kota Bogor,” ungkapnya kepada wartawan.

Putra ke enam TB. A. Basuni ini menjelaskan, Ayahnya yang wafat pada 1992 silam tersebut sebenarnya akan di makamkan di Taman Makam Pahlawan, hanya saja pihak keluarga dalam hal ini istri almarhum meminta untuk di makamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Baca juga: Perumda Tirta Pakuan Bogor Pastikan Sumber Air Bersih Baku Aman Selama Musim Kemarau

“(Sebenarnya) visi misi mahasiswa yang berunjuk rasa ini mendukung kami sebagai ahli waris untuk menyampaikan orasinya agar TB. A. Basuni diakui di Bogor sebagai pahlawan,” sebutnya.

Pihaknya menyadari bahwa keberadaan TB. A. Basuni di internet perlahan tenggelam dan mulai dilupakan. Sebab, berdasarkan penelusurannya nama tersebut sempat muncul beberapa tahun silam hingga akhirnya lenyap di tahun 2015.

Oleh sebab itu, pihaknya berupaya menyampaikan pernyataan sikap sebagai ahli waris dan menilai orang tuanya dilupakan sebagai sosok pahlawan.

“Selain dilupakan pemerintah terkesan abai terhadap ahli waris alias keturunan TB. A. Basuni. Bahkan asset peninggalan almarhum pun ikut dirampas oleh Pemkot Bogor,” geramnya.

Ia membeberkan, TB. A. Basuni padahal memiliki jasa yang sepatutnya menjadi perhatian dan dihargai. Pasalnya, dinilai berhasil melakukan pengamanan Presiden di Istana.

Selain itu juga, terang Hendra, TB. A. Basuni telah didapuk sejumlah penghargaan selama melakukan pengabdian kepada negara. Sedikitnya ada belasan penghargaan yang pernah disematkan kepada pejuang kemerdekaan asal Bogor tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan