Kontras dengan Nasib Rakyat Sorong, Mosso Rayakan Ulang Tahun Anak Secara Mewah 

JABAREKSPRES –  Media Sosial (Medsos) mendadak ramai dengan foto pesta ulang tahun mewah anak Penjabat (Pj) Bupati Sorong, Yan Piet Mosso, Enchi Mosso yang ke-17 alias sweet seventeen pada 11 Oktober 2022 silam. Dalam foto tersebut tampak foto Yan Piet Mosso beserta isteri, anak dan keluarga berada di atas kapal Phinisi Mewah di Pluit, Jakarta.

Foto tersebut bersumber dari status Facebook sang Isteri, Anie Nauw yang tengah menjabat sebagai Plt. Kabiro Hukum Provinsi Papua Barat Daya. Anie tampak bahagia sekali merayakan ulang tahun sang Putri yang penuh dengan kemewahan tersebut.

“HBD PutriQ Cayang Enchi Mosso,” tulis Anie pada akun facebooknya 11 Oktober lalu.

Dalam penelusuran yang dilakukan, harga tiga jam penggunaan Kapal Phinisi hampir berjumlah Rp 50 juta. Harga tersebut belum termasuk makanan, minuman dan dekorasi pesta ulang tahun yang diinginkan putri Yan Piet Mosso. Netizen mengkalkulasi Yan Piet Mosso menghabiskan uang hampir senilai Rp 200 juta untuk merayakan pesta ulang tahun anaknya selama 6 jam tersebut.

“Wow, itu pasti mahal sekali. Tapi kenapa harus buang-buang uang sebesar itu sementara pada saat yang bersamaan rakyat Sorong masih mengalami kemiskinan ekstrem dan angka prevalensi stunting yang tinggi. Pj Bupati yang tidak punya hati,” kata netizen bernama Arbi Tanjung.

Padahal, menurut Arbi, gaya hidup mewah tidak semestinya dilakukan oleh pejabat publik atau aparatur sipil negara (ASN). Pemerintah melarang gaya hidup tak lazim tersebut karena dianggap tidak pantas dan tidak berempati di tengah kemiskinan dan gizi buruk yang tinggi yang dialami masyarakat Sorong.

“Karena Pj Bupati Sorong adalah seorang ASN, seharusnya tidak memperlihatkan kemewahan dan atau sikap hidup yang berlebihan serta harus memperhatikan prinsip-prinsip kepatutan dan kepantasan sebagai rasa empati kepada masyarakat. Kemewahan tersebut sangat bertolak belakang dengan keadaaan Kabupaten Sorong yang memiliki tingkat kemiskinan ekstrem dan angka gizi buruk pada anak yang cukup tinggi,” tuturnya.

Seperti diketahui, Yan Piet Mosso tengah mendapat sorotan tajam karena banyaknya protes dan pengaduan yang disampaikan masyarakat. Selain pengaduan soal kinerja buruk Yan Piet Mosso, belakangan masyarakat juga melaporkan dugaan korupsi dan hidup mewah yang dipraktekkan Pj Bupati Sorong tersebut. (**RED**)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan