Cara Efektif Mengatasi Migrain dengan Es Batu, Ini Manfaat lainnya

JABAR EKSPRES – Sudah sering mendengar bahwa es batu ternyata ampuh menyembuhkan sakit kepala termasuk migrain atau sakit kepala sebelah?. Ternyata tidak hanya menyembuhkan sakit kepala, es batu juga punya manfaat lain untuk megatasi berbagai keluhan kesehatan.

Salah satu yang tidak diduga adalah es batu juga bisa mengatasi stress dan insomnia atau masalah dengan gangguan tidur. Untuk kamu yang ingin memiliki tidur yang berkualitas, kamu bsia menyimak caranya dalam artikel ini.

Hanya dengan memanfaatkan es batu kamu akan bisa mengatasi berbagai masalah tersebut. Tidak dibutuhkan bahan lain atau oba-obatan, kamu hanya perlu menyiapkan es batu yang dibungkus dengan handuk kecil bersih sebagai kompresnya.

Lalu tempelkan kompres es batu ini di leher bagian depan atau bagian belakang (tengkuk) dalam waktu kurang lebih antara 10-15 menit. Atau sampai kamu merasakan mati rasa pada bagian yang ditempel es batu tersebut.

Baca juga : Manfaat Es Batu Bagi Kesehatan Kulit dan Begini Cara Menggunakannya

Setelah itu kamu bisa merasakan sakit kepala termasuk migrain akan berkurang, selain itu kamu akan merasa lebih rileks sehingga stress akan berkurang.

Jika efeknya sudah mulai berkurang, kamu dapat mengompres kembali area tengkuk namun beri jeda setidaknya satu jam setelah pengompresan yang sebelumnya.

Cara kerja es batu dalam mengatasi nyeri yakni saat terpapar suhu dingin, pembuluh darah bisa menyempit dan pengiriman sinyal nyeri dari sumber sakit kepala ke otak bisa berkurang.

Hal ini membuat penderita tidak lagi fokus merasakan nyeri di salah satu bagian tubuhnya misalnya sumber sakit kepala dan sekitarnya, tetapi penderita akan lebih fokus merasakan salah satu bagian tubuhnya yang dingin hingga mati rasa.

Penggunaan es batu untuk mengurangi nyeri ini menurut para ahli karena kompres es batu dapat mendinginkan darah yang mengalir ke pembuluh darah arteri karotis di leher.

Sehingga peradangan di otak jadi berkurang dan membantu mengurangi rasa nyeri. Jika ingin mencoba melakukan terapi kompres es batu di tengkuk ini, kamu perlu tahu dulu, seperti apa sensasi yang akan kamu rasakan, agar tidak kaget dengan reaksinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan