4 Faktor Membangun Kepercayaan dalam Hubungan

Sebaliknya, perilaku mengancam atau menghukum dapat menyebabkan ketidakpercayaan dan merusak hubungan. Itulah mengapa memilih pasangan yang berperilaku positif, dan menghindari mereka yang egois atau mengancam, sangat penting untuk hubungan yang saling percaya dan sehat.

Baca Juga: 7 Tanda Perubahan Hidup yang Positif 

3. Dinamika Hubungan

Faktor ketiga yang memengaruhi kepercayaan adalah dinamika hubungan itu sendiri. Secara khusus, tinjauan tersebut mencatat bahwa kepercayaan dapat dipengaruhi oleh besarnya ketergantungan timbal balik, keseimbangan (atau ketidakseimbangan) kekuasaan, dan konflik kepentingan antara mitra hubungan.

Dengan demikian, di luar perasaan internal kepercayaan umum dan perilaku eksternal masing-masing pasangan, dinamika hubungan secara keseluruhan dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan juga.

Alhasil, saat membangun kepercayaan dengan pasangan, penting juga untuk mempertimbangkan kualitas hubungan kalian berdua. Khususnya, pasangan yang terlalu mandiri satu sama lain mungkin mengalami kesulitan dengan komitmen.

Sebaliknya, terlalu banyak ketergantungan (atau ketergantungan bersama) justru dapat membatasi penentuan nasib sendiri dalam hubungan cinta. Di luar itu, konflik kepentingan, bekerja dengan tujuan yang berbeda, atau kekuatan yang tidak setara juga dapat mengurangi kepercayaan dalam hubungan.

Jadi, agar kepercayaan benar-benar berkembang, kedua pasangan harus bebas menentukan pilihannya sendiri, percaya diri untuk saling bergantung, dan merasa bahwa hubungan itu adil.

4. Konteks Sosial

Faktor keempat yang dibahas oleh Weiss, Burgmer, dan Hofmann (2022) yang berdampak pada kepercayaan adalah konteks sosial yang lebih luas. Mereka menyoroti bahwa perilaku individu lain di luar hubungan, ketidakadilan umum dalam masyarakat, dan isolasi sosial dapat menyusup ke dalam suatu hubungan dan memengaruhi kepercayaan di antara pasangan juga.

Jadi, saat membangun kepercayaan dengan pasangan, penting juga untuk mempertimbangkan bagaimana teman, keluarga, dan budaya Anda dapat mendukung atau mengurangi kepercayaan dalam hubungan Anda bersama.

Singkatnya, meskipun kita sering mengabaikannya dalam kehidupan modern, konteks sosial yang lebih besar dapat berdampak besar pada hubungan.

Sumber: https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S2352250X21001858?via%3Dihub

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan