12 Doa-Doa Harian Agar Selalu Dekat dengan Allah

JABAR EKSPRES – Dalam kehidupan sehari-hari manusia, selalu saja tidak luput dari potensi melakukan dosa. Karenanya manusia harus berdoa untuk bisa lebih dekat ke Allah agar mendapat perlindungan dariNya.

Ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan setiap harinya sehingga hati dan pikiran kita tidak akan mengarah pada perbuatan maksiat, karena selalu ingat pada Allah.

Menjalin kedekatan dengan allah tidak cukup hanya dengan doa, melainkan tetap harus menjaga ketakwaan kita. Salah satu cara agar dijaga ketakwaan, ketaatan dan keimanan kita adalah selalu melakukan semua perintahnya, baik yang wajib maupun yang disunahkan.

Baca juga :  Doa Memohon Ketenangan Hati dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dengan begitu, Allah juga akan selalu melindungi dan menjaga hambanya yang berusaha selalu mendekat kepadaNya.

Berikut beberapa doa agar bisa selalu dekat dengan Allah, dilansir dari laman dakwahsunah :

1. Doa Ditetapkan hati dalam Iman

اَللَّهُمَّ يا مُصَرِّفَ الْقُلُوْبِ، صَرِّفْ قُلُوْبَنَا عَلَى دِينِكَ

“Ya Allah yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agamaMu.”
(HR. Muslim 2654)

2. Doa Ampunan dalam segala hal

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ خَطِيْئَتِيْ، وَجَهْلِيْ، وَإِسْرَافِيْ فِي أَمْرِيْ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ جَدِّيْ وَهَزْلِيْ، وَخَطَئِيْ وَعَمْدِيْ، وَكُلُّ ذلِكَ عِنْدِيْ، اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ، وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.

“Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kebodohanku, keberlebih-lebihan dalam perkaraku, dan apa yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Ya Allah, ampunilah diriku dalam kesungguhanku, kelalaianku, kesalahanku, kesengajaanku, dan semua itu adalah berasal dari sisiku. Ya Allah, ampunilah aku dari segala dosa yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan, segala dosa yang aku sembunyikan dan yang aku tampakkan, dan dosa yang Engkau lebih mengetahui daripadaku, Engkaulah Yang Maha Mendahulukan dan Yang mengakhirkan, dan Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.
(HR. Bukhari 6398 dan Muslim 2719).

Baca juga : Doa Harian yang Wajib Kamu Baca, Agar selalu diberi Keberkahan

3. Doa Mohon Diperbaiki Segala Urusan

اَللَّـهُـَّم أَصْلِحْ لِي دِينِي الّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي، وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الّتِي فِيهَا مَعَاشِي، وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الّتِي فِيهَا مَعَادِي، وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ، وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Ya Allah mohon kebaikan pada urusan agamaku karena itu adalah penjaga semua urusanku. Aku mohon kebaikan pada urusan duniaku karena itu tempat hidupku. Aku mohon kebaikan pada urusan akhiratku karena itu tempat kembaliku. Jadikanlah hidup ini tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematianku waktu istirahat bagiku dari segala keburukan.
(HR. Muslim 2720)

4. Doa Perlindungan dari Fitnah Kaya dan Fitnah Miskin

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan