Survei IPI Terbaru Unggulkan Ganjar Pranowo, Anies Terakhir

Jabarekspres – Sosok calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo masih mengantongi tren positif menyoal elektabilitasnya.

Hal tersebut tampak berdasarkan hasil perhitungan lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI). Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu unggul dari Prabowo Subianto.

Adapun sebelumnya, masih melansir data survei yang sama, Menteri Pertahanan RI tersebut ada di urutan pertama. Dirinya dibayangi Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Sementara, disebutkan hasil survei kali ini tersebut, elektabilitas Ganjar berada di posisi pertama, terutama dalam skema top of mind (pilihan pertama) para responden, simulasi 34 nama semi terbuka, simulasi 10 nama, sampai simulasi tiga nama bakal capres.

Tiga nama bakal capres itu, disebut memiliki nilai potensial oleh para responden untuk maju sebagai calon presiden Pilpres 2024.

Lantas berdasarkan survei yang dilakukan pada rentang 15 hingga 21 Juli 2023 itu, sosok Anies Baswedan masih ‘kewalahan’ dan belum mampu mengejar ketertinggalan.

Populasi survei kali ini ialah meliputi seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

“Simulasi tiga nama ini, lagi-lagi kami tanya kebetulan di antara banyak nama, hanya Ganjar, Anies, dan Prabowo yang dinamis dan potensial,” kata Peneliti utama IPI Burhanuddin Muhtadi.

Alhasil, dalam simulasi pilpres dengan tiga nama, Ganjar Pranowo memperoleh 35,2 persen suara dari total 1.811 responden, kemudian diikuti Prabowo Subianto dengan 33,2 persen dan Anies Baswedan sebanyak 23,9 persen.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan