Mengapa Tiba-tiba Batuk di Malam Hari?

JABAR EKSPRES – Postnasal drip, penyakit gastroesophageal reflux, dan masalah kesehatan lainnya dapat memicu batuk di malam hari.

Beberapa orang tidak batuk di siang hari, tetapi mulai batuk setelah mereka di tempat tidur. Beberapa kondisi dapat menyebabkan hal ini, dan beberapa memiliki penyebab yang sama: gravitasi.

Pemicu umum

Beberapa masalah kesehatan berhubungan dengan batuk malam hari. Ini adalah beberapa yang paling umum:

1. Tetesan postnasal

Tetesan postnasal menggambarkan tetesan lendir yang konstan dari saluran udara bagian atas – sinus dan tenggorokan. “Di siang hari, saat Anda tegak, cairan ini mengalir secara alami dengan bantuan gravitasi, dan Andamenelan serta membersihkannya. Saat Anda berbaring, Anda kehilangan bantuan gravitasi, dan lendir terkumpul di bagian belakang tenggorokan. Jika lendir mendarat di pita suara di tenggorokan, atau jika Anda menghirup beberapa lendir dan masuk ke paru-paru, itu memicu batuk basah yang menghasilkan dahak atau lendir,” jelas Dr. Neil Bhattacharyya, spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan ( otolaryngologist) di Massachusetts Eye and Ear yang berafiliasi dengan Harvard.

Penyakit refluks gastroesofageal (GERD). Asam lambung umumnya terperas ke dalam usus saat perut berkontraksi, atau ditarik ke bawah oleh gravitasi. Namun, ketika otot melingkar antara lambung dan kerongkongan (tabung yang membawa makanan dari mulut ke lambung) gagal mengencang dengan benar, asam dapat menyembur kembali, mengiritasi lapisan kerongkongan dan struktur di tenggorokan. Pencucian balik ini disebut refluks.

Saat Anda berbaring, asam tidak mengalir secara alami ke dalam usus dan bahkan lebih mudah refluks. “Ketika asam masuk ke pita suara, Anda mulai batuk. Dalam kasus yang parah, asam masuk ke tenggorokan dan menyebabkan mengi,” kata Dr. Bhattacharyya. GERD dapat menyebabkan batuk kering yang mungkin disertai atau tidak disertai dengan rasa terbakar (mulas) atau nyeri di dada.

Baca Juga: 11 Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Mata

2. Efek samping obat

Beberapa obat — misalnya, penghambat ACE seperti lisinopril (Prinivil, Zestril, lainnya) atau enalapril (Vasotec), yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan penyakit jantung — dapat menyebabkan batuk kering yang sering terjadi sebagai efek samping. “Di siang hari mungkin Anda merasa perlu berdehem. Di malam hari, ini jauh lebih buruk,” kata Dr. Bhattacharyya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan