Inilah Sosok Penyelamat Sang Saka Merah Putih pada Upacara Kemerdekaan di Boyolali!

JABAR EKSPRES – Penghormatan terhadap Bendera Merah Putih diselenggarakan di Kecamatan Juwangi, Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Pasukan paskibraka di kecamatan tersebut bertanggung jawab atas pengibaran Bendera Merah Putih.

Ketika acara pengibaran Sang Saka Merah Putih berlangsung, tali bendera mengalami putus, sehingga bendera tidak dapat ditarik hingga mencapai puncak tiang. Dalam momen ini, seorang anggota kepolisian bergerak dengan cepat dan naik ke atas tiang untuk memperbaiki tali, sehingga Bendera Merah Putih dapat terus berkibar.

Tokoh yang bersangkutan adalah Bripka Suwarno, anggota Polsek Juwangi, Polres Boyolali, Polda Jateng, yang dengan tangkasnya meluruskan tali di tiang bendera tersebut.

Baca juga: 10 Hari Operasi Antik Lodaya, Satresnarkoba Polresta Bogor Ungkap 16 Kasus, 18 Tersangka Diamankan

Suwarno menceritakan bahwa pada saat itu, ia sedang melaksanakan tugas mengatur lalu lintas di sekitar area acara serta mengambil dokumentasi acara tersebut. Ketika akan mengabadikan momen tersebut, tanpa diduga tali bendera terhenti saat diangkat.

“Waktu itu baru tarikan keempat menuju kelima. Saya spontan langsung naik beneren tali yang putus karena angin juga kencang, daripada benderanya ngga bisa naik. Itu lagu Indonesia Raya sudah dinyanyikan,” ungkap Kanit Intelkam Polsek Juwangi itu seperti dikutip JabarEkspres.com dari PMJ News pada Jumat, 18 Agustus 2023.

Menurut pandangannya, para anggota polisi memang perlu tanggap dalam berbagai situasi. Terlebih lagi, hal ini merupakan kesempatan berharga yang memerlukan peringatan dan motivasi bagi generasi penerus para pahlawan masa lalu.

Ia menambahkan, setelah berhasil menegangkan kembali tali bendera, dengan cepat ia turun dari tiang bendera dan kembali ke area belakang tempat acara berlangsung. Sehingga, prosesi upacara bisa berlanjut dengan khidmat.

Baca juga: Cerita Crystalone Student Company SMAN 1 Bandung, Hasilkan Deodoran Olahan Tawas

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan