BRI Berikan Edukasi Modus Penipuan Soceng dan 10 Tips untuk Waspada!

JABARESKPRES – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI tidak akan berhenti untuk memberikan edukasi mengenai berbagai modus penipuan Social Enginering (Soceng).

Para pelaku penipuan ini banyak yang memanfaatkan teknologi digital untuk modus penipuan kepada masyarakat.

Social engineering atau soceng merupakan tidak kejahatan dengan cara memanipulasi psikologis korban agar terpedaya.

Tujuannya adalah mengambil data pribadi milik korban sehingga dapat diketahui berbagai data pribadi perbankan yang sifatnya rahasia.

Modus penipuan ini dilakukan dengan cara mengirim SMS, Email, dan media sosial.

BRI terus melakukan edukasi kepada seluruh nasabah agar meningkatkan kewaspadaa dan terhindar dari segala jenis bentuk modus penipuan/kejahatan perbankan.

Undangan Pernikahan Palsu Berbentuk File APK

Modus penipuan ini sedang berkembang dan sudah banyak memakan korban. Cara kerja penipuan ini dengan mengirim undangan dalam bentuk format APK yang dikirimkan melalui chat WhatsApp (WA).

Ketika di klik undangan tersebut akan diarahkan pada sebuah aplikasi ilegal dan pengguna dengan tidak sadar akan memberikan persetujuan untuk mengizinkan aplikasi mengakses SMS dan data lainnya yang ada di Handphone.

Dari aplikasi ilegal undangan pernikahan itu, seluruh data pemilik handphone akan terbaca termasuk email, pasword dan kode OTP yang sangat rahasia.

Pelaku akan dengan mudah masuk (login) ke aplikasi perbangkan dan mengurus seluruh isi tabungan.

Iklan Palsu di Media Sosial

Modus yang satu ini biasanya ditemukan di platform media sosial (Medsos) dengan tujuan untuk menarik para pengguna medsos.

Akun Palsu ini bisanya akan mengatasnamakan lembaga perbangkan termasuk BRI yang dicatut namanya.

Meski begitu, masyarakat harus waspada dengan mosus ini. Sebab untuk mengenali akun resmi BRI adalah sudah mendapat verifikasi centang biru.

Sedangkan akun penipu tidak centang biru dan tampilan gambar tidak berkualitas rendah dan link bio yang mencurigakan.

Akun palsu ini bisanya akan memberikan pengumuman yang mengecoh para pengguna medsos yang nantinya secara tidak sadar akan diarahkan ke aplikasi ilegal.

Link Modus Perubahan Tarif

Modus Penipuan ini dilakukan dengan cara mengelabui memberikan pengumuman perobahan tarif yang seolah-olah merupakan pesan dari BRI.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan